Pendiam???Masalah???

Pendiam???Masalah???

Sobatdeul kali ini aku mau bahas tentang orang pendiam. Memilih topik ini karena aku merasa termasuk dalam kategori ini. Saya rasa banyak orang yang suka merendahkan orang pendiam. Padahal namanya juga sudah watak dan itu juga sudah takdir. Mau di tunggu sampai lumutan pun watak mereka akan tetap melekat. Orang pendiam pun sebenarnya juga iri pada orang - orang yang dapat leluasa ngomong dan akrab sama sana sini tanpa beban. Namun bagi para pediam itu, boro-boro mau akrab mau ngomong aja harus mikir matang matang agar tidak membuat lawannya bosen. Tapi ya namanya orang pendiam niatnya agar tidak bosen tapi kebanyakan lawan bicara para pendiam akan merasa bosan karena apa, Karena terlalu banyak mikir maka ucapan yang keluar cenderung bersifat serius yang dianggap orang lain itu membosankan. Yah itulah nasib para pendiam selau serba salah....Karena faktor susah ngomong maka akan sangat takut jika harus ngomong secara tiba - tiba seperti "Kamu maju  kedepan prensentasi" padahal belum ada persiapan sama sekali berasa kaya ada bom atom (buuummmmm) mereka akan mati kutu karena gag bisa ngomooooong.....Bagi sobatduel sekalian jika ingin tahu lebih lanjut tentang orang pendiam maka bacalah dan resapi oKe...

1. Pendiam itu sama dengan pemalu Paling Nggak Nyaman Kalau Harus Satu Ruangan Sama Orang Yang Belum Dikenal

Entah itu presentasi di depan kelas ataupun hanya berbicara di depan forum, kamu tak nyaman dengan keadaan itu. Jika mau presentasi materi pelajaran pun kamu bakal mempersiapkannya matang-matang supaya kamu bisa berani untuk tampil di depan kelas. Selain itu pastinya kamu bakal berusaha terus untuk menenangkan jantungmu yang berdegup kencang. Namun ketika dalam situasi seperti ini, jalan keluar yang emang harus dipilih cuma satu, hadapi! Sekalipun sebenarnya kamu bakal males banget, tapi ini satu-satunya cara buat mengatasi ‘keanehan’-mu. Hal ini juga disampaikan oleh Lynne Henderson dari The Shyness Institute, Berkeley, California.
Menurut Henderson, orang pemalu biasanya cuma ragu-ragu sama apa yang pengen mereka sampaikan. Jadi, kuncinya adalah niat dan fokus

2. Pendiam Itu Pendengar Yang Baik




Yup, yang ini emang udah rumus banget, deh! Namanya juga pendiam biasanya suka memperhatikan dan jadi pendengar yang baik. Alhasil, mereka adalah teman dan rekan kerja yang baik. Meraka akan selalu takut kalau apa yang di omongin itu membosankan , Karena kebiasaan itu juga membuat para pendiam ahli dalam hal memperhatikan. Gak heran kalau kamu begitu konsentrasi jika mendengarkan orang yang tengah berbicara.

3. Mikir Dulu Baru Ngomong

Kebalikan sama orang cerewet yang suka ngomong nggak pakai mikir (upss!), orang pendiam biasanya mikir dulu sebelum ngomong. Entah karena takut kalau-kalau omongannya bisa melukai hati orang, takut lawan bicara nggak bisa menangkap maksudnya, atau takut candaan-nya dibilang garing (garing kriuk kriukkk)



Dalam kamus hidupmu, gak ada tuh yang namaya asal berbicara. Kamu paling gak bisa mengutarakan sesuatu tanpa sebelumnya dipikirkan terlebih dahulu. Menurutmu setiap ucapan harus dipilah-pilih terlebih dahulu dan kamu gak mau jika harus menanggung malu karena karena perkataan yang salah. Bahkan kalau yang over pendiam mau ngomong aja ada yang sampai direncanain dulu, ditata, lalu kalau udah rapi yang di ajak ngobrol udah bubar karena lama mikirnya hahahhaha...Pokoknya gak beda jauh sama para pemalu.

4. Tidak suka jadi pusat perhatian

Kamu sering merasa risih jika semua orang menoleh ke arahmu. Akibatnya kamu sering mencari aman untuk tidak menarik perhatian banyak orang, misalnya dengan memakai pakaian yang tak mencolok, make up yang natural ataupun bahkan berbicara dengan suara yang sangat pelan. Nah untuk pelampiasan biasanya para pendiam lebih ke action ya secara langsung daripada ngomong koar koar untuk jadi pusat perhatian . Yang seperti ini bisa jadi aset buat perusahaan, lho! Orang pendiam serius bekerja dan memimpin dari belakang, bukan karena suka disorot dan dapat pujian, tapi karena mereka peduli. Ciehh para pendiam eheeemm....


5. Tak nyaman berada di antara orang banyak

Jika bukan dalam keadaan yang mendesak ataupun terpaksa, kamu gak akan mau berada di antara keramaian orang-orang. Terlebih jika mereka adalah orang-orang asing yang belum kenal. Bagi kamu adalah hal yang sangat tidak nyaman untuk berada di dalam lingkungan yang kurang kamu sukai. Karena dalam pikiran para pendiam pasti pada takut kalau meraka nanti di sana hanya jadi patung...

6.Sering dianggap tak mau berbaur dengan orang sekitar Atau bisa dibilang kamu itu SOMBONG
Selain di cap gak nyenengin karena jarang banget ngobrol, bahkan gak pernah ngomong, biasanya mereka juga dikiranya sombong. Ya bener juga sih pikiran orang-orang yang pikir mereka sombong, kan mereka jarang bahkan gak pernah ngajak ngobrol duluan orang lain kan?

Tapi itu sebenernya gak gitu kali. Padahal kamu hanya tak tahu bagaimana caranya untuk memulai sebuah interaksi dengan banyak orang, namun sayangnya kamu sudah dianggap terlebih dahulu sebagai orang yang tak mau berbaur dengan orang sekitar.

Malunya orang pendiam itu beda sama orang “normal”. Kalau orang “normal” malu itu sama hal-hal yang gak lazim buat dilakuin, orang pendiam itu kadang malu sama hal-hal yang seharusnya gak perlu untuk “di-maluin”.

7. Kamu jarang mem-posting fotomu di social media
Yah Sekali lagi para pendiam itu gak suka cari perhatian dan cenderung pemalu. Mungkin sekali atau dua kali pernah mem-posting foto di social media. Namun sayangnya itu gak sesering orang lain. Kamu lebih suka untuk meng-upload foto bersama teman-teman ataupun mem-posting hal-hal yang kamu punya seperti binatang peliharaan, barang-barang, sampai hasil karyamu yang luar biasa. Entah kenapa bisa begitu....

8. Bukan Berarti Gak Bisa Cerewet

Gak semua orang pendiam itu akan selamanya diam loh. Maksudnya gini, Semua itu ada tingkatannya, ada yang ekstra diam, yaitu orang yang bener-bener calm dan gak pernah ngomong sekali kecuali yang penting. Ada juga yang diamnya itu standar alias mereka akan jadi orang yang aktif kalau lingkungan sekitarnya ngebuat mereka nyaman. Kalian yang gak punya sifat ini lebih beruntung karena bisa ngobrolin apa aja sesuka kalian tanpa perlu berpikir dan malu buat ngomong hal itu. Beda dengan yang pendiam, seringnya di hati mereka tuh tersimpan ketakutan akan beberapa hal. Meraka sulit untuk engekspresikan apa yang mereka rasakan. Seperti sebelumnya karena mereka itu adalah orang yang merasa serba salah dan selalu begitu.

9. Anti Banget Sama Kata-Kata “Ngomong Donk!Jangan Serius mulu!!”

Well, itu emang clekit banget buat mereka yang pendiam. Mungkin si pendiam bakal jawab dalam hati,
“Aku sebenernya juga pengen ngomong, tapi nggak bisaaaaaaaaa… Mau ngomong apa coba pengen bercanda takut garing!”
Tapi karena kebanyakan para pendiam yang meraka anggap selalu serius, membuat orang lain bersikap segan dan hormat. Jarang-jarang ‘kan liat bos yang cerewet kayak petasan banting?

10. Sulitnya menunjukkan kemarahan


Untuk mengungkapkan kekesalan ataupun kekecewaanmu kamu sering merasa kesulitan. Kamu tak lihai untuk marah secara terang-terangan di hadapan orang lain. Paling tidak kamu hanya akan diam jika ada yang membuatmu kecewa. Itu pun akan sulit dimengerti orang di sekitarmu karena bagi mereka kamu diam karena sifatmu yang pendiam, bukan karena kamu sedang mara. Bukan berarti karena tidak menunjukan kemarahan dengan kayak gitu mereka pendendam loh tapi mereka nyimpen marah itu karena takut orang lain gak bakal terima mereka. Mereka takut kalau dia jadi dicuekin sama orang yang dia marahin, dan dia pasti selalu kepikiran hal itu. Mereka gak bisa ngucapinnya jadi selalu jadi beban pikiran. . Dan lebih parahnya para pendiam pasti hanya memiliki sedikit teman jadi kalau kamu mau menunjukan kemarahanmu maka bubar sudah Always be alone.
Tak hanya kemarahan saja,biasanya oran pendiam itu gak berani buat ngeluarin uneg-uneg yang ada di dirinya. Mereka tuh gak berani kalau harus nangis atau marah di depan orang lain. Makanya mereka suka pendam sendiri, suka nangis sendiri dan nyimpen marah di dalam hati.


11.Senang melakukan hal-hal sendirian

Melakukan segalanya dengan sendiri bukan berarti bagi para pendiam itu kesepian. Mereka cenderung senang sendiri karena mereka tidak perlu banyak tuntutan untuk berbicara. Jika ada waktu luang, Meraka akan melakukan hal-hal yang membuatmu nyaman dan bahagia meskipun seorang diri. Ada begitu banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari membaca buku, nonton film, ataupun cuma bersantai-santai di rumah. Mungkin bagi orang awam hal itu sangatlah menyedihkan tapi bagi para pendiam, itu adalah kebahagiaan tersendiri.
Pendiam???Masalah??? Pendiam???Masalah??? Reviewed by Lilis Mardiana on January 22, 2017 Rating: 5

No comments:

Berkomentar itu memang sulit :" Terima Kasih!

loading...
Powered by Blogger.