PSIKOTES DI PT YAMAHA MUSIC MANUFACTURING ASIA Kawasan Industri MM2100

PSIKOTES DI PT YAMAHA MUSIC MANUFACTURING ASIA
Kawasan Industri MM2100
2020


Mumpung masih fresh dalam ingatan aku mau share tentang pengalamanku Psikotes di Yamaha Music Manufacturing Asia di Kawasan Industri MM2100

Tapi...........
Mau nyeritain dulu dong waktu ngeposin wkwkkw
.
.
.

Tanggal 31 Januari 2020

Entah kesambet apa tuh aku tiba tiba kepikiran buat ngelamar sebagai Operator Produksi di PT YMMA. Mungkin ya karena efek di grup fb rame ramenya pada dapat panggilan buat ikut psikotes (jiwa iri dengki membara). Dan kebanyakan di komenan tuh pada nanya Nilai UN MTK berapa? Rata rata berapa? Nah dari sini aku langsung kepikiran kalo aku punya nilai yang bisa dibilang tinggi kenapa nggak nyoba aja? Akhirnya aku nyoba deh ngepos ke PT YMMA.

Sebenernya ni loker udah buka sejak November, tapi kenapa januari akhir aku baru ngeposin? Karena dulu di perumahan firdaus itu jauh dari kantor pos, nah kalo di mega ini kebetulan dekat, jadi enak mah kalo mau ngeposin asal ada DUITnya.

Kemaren aku ngeposin habis 18rb yang express besok langsung terkirim. Dan kebetulan aku ngirimnya tuh hari jum'at auto nggak mungkin dong terkirim besoknya. Soalnya PT sabtu minggu libur, senin mungkin baru nyampe sia sia aku pake jasa express-_

Note :
Saat aku ngeposin, ternyata surat lamaran yang dibuat nggak perlu harus sesuai EYD atau wajib benar semua no celah (tapi ya tergantung perusahaan nya juga sih). Beda dong sama yang di ajarin di pelajaran bahasa indonesia-_salah dikit aja auto nilai berkurang. Atau cari info di youtube atau di google nggak sesuai aja nggak bakal dilirik.

Kalo kalian cari kaidah penulisan Surat Lamaran pasti banyak banget kan peraturannya tapi ternyata ya nggak wajib seperti itu. Dari sini aku mulai belajar kalo emang apa yang di ajarkan di sekolah, di sampaikan di youtube, atau referensi lain tuh nggak bisa jadi acuan yang utuh (harus begitu). Tapi tetep ya apapun itu pasti ada tujuannya yaitu menggiring kita buat melakukan bagaimana membuat lamaran atau cv yang benar. Tapi ternyata ya nggak harus persisi seperti gitu juga. Intinya, nggak usah terlalu pusying memikirkan gimana bikin surat lamaran atau CV, semua sah sah aja. Tinggal nasib aja lah ya, kalo emang rejeki dan sesuai kriteria mah juga bakal keterima surat lamarannya. Ini aku baru nyadar ketika pos an ku udah kekirim. Dan surat lamaranku tuh kayak gini.

Alamatnya salah, Yang terhormatnya salah, lampirannya ditulis menyamping, dan di paragraf paling akhir nggak ada spasinya (jadi ttd nyatu sama paragraf terakhir). Kalo bener bener di perhatikan banyak yang salah. Belom lagi di CV nya.
Tapi ya itu ternyata ya masih di toleransi dan tanggal 4 Febuari 2019 aku dapat undangan psikotes di PT YMMA
.
.
.
.

Tanggal 4 Febuari 2020




Aku dapat sms dari PT YMMA untuk psikotes. Nah setelah tau kalo bener bener bisa ikut tes, baru aku mulai melatih diri buat ngehadapi psikotesnya.

Awalnya aku cari cari info di grup fb, kan banyak tuh yang shearing tentang kisi kisi psikotes nah aku jadiin acuan aja buat belajar. Begitu pula aku cari cari info di youtube dan google sebagai referensi.

Tapi sayangnya semua ya cuma bisa di jadikan "kira kira seperti ini" dan aku belum menemukan yang bener bener menjelaskan, malah terasa menyesatkan 😂 (Makanya aku bikin postingan ini, siapa tau lebih membantu)

Mungkin ya bisa di bilang ini rahasia perusahaan tapi kan sesama pencari loker apa salahnya saling membantu ye kan (tapi nggak tau juga sih namanya juga tes, bisa jadi tiap sesi tuh ada perubahan, makanya aku dapat info tuh kisi kisinya selalu beda beda) 😂😂 Tapi aku sendiri juga nggak bisa membantu lebih. Aku hanya bisa memberikan gambaran besar tes nya seperti apa sesuai dengan apa yang udah aku jalani. Lagian aku sendiri juga nggak yakin kalo aku bakal bisa lolos tes atau nggak 🤧 ( berharapnya sih ya lolos) tapi apapun itu tetap bakal di syukuri kok.

#digantunginselamasatubulan
.
.
.

Tanggal 5 Febuari 2020

Aku tuh banyak ngerepotin orang tua dong 😪 udah nganggur nggak ada duit, tapi butuh duit buat beli kemeja, jahit celana, beli sepatu, cetak foto, dan beli alat tulis. Darimana tuh duit kalo bukan dari ortu 🤧 Saat orang orang yg udah lulus pada malu minta sama orang tuanya, sedangkan aku mau nggak mau ya tetep harus minta. Masa iya mau beli pakai daun 😪 dah macem anak durhaka aku tuh. Apalagi waktu beli tuh sama ibu ku posisi lagi hujan, padahal kakinya masih sakit karena keseleo.

Udah malam malam, hujan lagi, auto dingin. Sumpah nggak tega aku tuh tapi ya gimana lagi, aku orangnya emang kayak gini dari dulu suka ngerepotin Ortu 😪 momen banget kan yak.

Gara gara ini aku tuh jadi inget waktu ikut LSP dan saat itu aku beli kalkulator tapi yang nganterin Bapak ku. Posisinya sama juga malam hujan dan emang butuh buat besok. Dan sayangnya waktu LSP itu aku banyak yang nggak kompeten auto gagal dapat sertifikat :) sedih dong udah berusaha kayak gitu, ngerepotin ortu lagi tapi hasilnya zonk. Tentunya ada rasa takut kalo tes kali ini bakal zonk juga :) harus banyak banyak doa pokoknya 🙏
.
.
.

Tanggal 6 Febuari 2020

Aku mulai persiapan tuh jam stengah 4 🤧 mulai nata nata berkas yang di butuhkan, solat, nyetrika, makan, mandi, persiapan, dan selesai pukul 06.13 langsung pesan grab. Di perjalanan pun perjuangan banget dong. Semalam kan hujan tuh, nah auto jalanan becek, banjir, macet lagi 😭 beda banget dong sama di purwodadi atau di solo. Ya walau di purwodadi/solo banyak jalan rusak tapi setidaknya nggak macet. Gara gara macet inilah yang bikin perjalanan stengah jam (mega regency - kawasan mm2100) menjadi 1 jam 🤧. Berasa jauh banget kan ya, auto langsung mikir kalo bener bisa kerja disini sama aja dong tiap hari jam 4 harus sudah bangun biar nggak telat, harus tahan banting pokoknya.

Di perjalanan tuh adanya perasaan campur aduk. Ya biasalah firts time ngojek jauh gini, apalagi kali ini bener bener sendiri. Drivernya untung baik :) aku suka dong :) ada moment saat aku ngasih bayaran lebih karena menurutku emang tadi jauh jadi nggak masalah ku kasih lebih. Tapi ya di balas dengan doa semoga tes nya lancar 🙏 tersentuh aku tuh 😂😂

Saat sampai sana tuh aku nyampe dah jam 7, auto dah banyak yang udah dateng. Sampai sana aku langsung ikut baris buat ngambil ID dengan menukarkan ktp asli. Dan pas antre itu aku masih pake jaket dan disuruh ngelepasin. Auto tadi yang biasa biasa aja jadi grogi dong dan baru sadar kalo emang cuma aku yang masih pake jaket wkwk

Untungnya aku udah punya temen yang juga tes hari ini, dapat temen itu juga dari grup fb. Dan dari sebelumnya udah janjian jadi sampai sana langsung kenal dan sudah berasa kayak punya temen, jadi nggak linglung kayak biasanya wkwk. Dia baik banget T_T friendly banget pokoknya T_T dan bodohnya aku, saat dah duduk tiba tiba aku inget sama ktp ku. Aku cari cari nggak ada. Aku di ajak ngobrol pun malah sibuk sendiri cari cari ktp. Barulah saat di suruh baris tuh baru nyadar kalo ktpnya di ambil waktu penukaran id card 😭 bodohnya aku tuh. Nggak memanfaatkan momen banget kan ya jadi kesannya aku tuh sombong bangetdi ajak bicara malah sibuk sendiri.

Kecerobohanku masih berlanjut. Saat disuruh baris berbaris sekitar jam 7.13 gitu kan di beri arahan. Nah pas di tanya apa semua sudah absen, tentu aku belum dong :v dari tadi salah mulu jadi pusat perhatian. Terus kan ya mau nggak mau ya angkat tangan terus ijin mengisi absen.

Setelah di beri arahan baru lah disuruh masuk ruangan. Nah pas masuk di ruangan suasana hening buangeeetttttttt. Nggak ada yang ngomong sepatah kata pun. Ya emang disuruh jangan ribut tapi bener bener ini tuh cuma pada duduk diam gitu aja sampai ada HCD yang masuk. Suasana hening kayak gitu tentu dong malah bikin tegang wkwk. Aku aja sampai nggak berani ngelirik ke belakang 😂 cuma liat ke depan terus sampai bosen sebosenya sampil doa doa aja, mau buka hp pun buat belajar kagak berani 😂 karena emang cuma pada diam aja sih. Dan saat itu posisiku duduk yang paling depan.

Dan setelah panjang kali lebar HCD nya memberi arahan suruh nunggu lagi sampai jam stengah 9 baru psikotes bener bener dimulai padahal di jadwal sms nya jam stengah 8 sudah mulai tapi realnya jam stengah 8 tuh mulai masuk ruangan. Walau gitu masih banyak loh yang telat juga.
.
.
.
.
.
.

Lets go! Gambaran Psikotes PT YMMA


Kreaplin

Nah tes tahap pertama itu Kreaplin. Di tahap ini tuh sistem gugur dengan waktu 15 menit di kertas A3. Jadi yang nggak sesuai bakal langsung di suruh pulang. Baru juga duduk masa iya mau langsung pulang? Tentunya nggak dong.

Nah tips dari ku buat sukses kreaplin adalah :

1. Banyak banyak latihan penjumlahan. Bisa nyoba dengan aplikasi "tes koran" di play store. Menurutku itu cukup membantu buat kita terlatih agar penjumlahan bisa di luar kepala. Banyak banyak tuh latihan di situ.

2. Nggak perlu ngotot buat selesai sampai atas. Iya kamu nggak perlu pikirin grafik kreaplin mau naik atau turun atau datar atau apalah itu. Kalo menurutku mah semua ada penilaian sendiri. Kita tinggal ngikutin aja tuh arahan HRD nya suruh pindah ya pindah suruh berhenti ya berhenti. Asalkan naik turunnya masih seimbang dan kamu bisa menyelesaikan setengah itu udah bisa di zona aman. Jadi nggak perlu sampai ke atas, diusahaain tuh stabil di tengah harus bisa sampai setengahnya. Tentu aja lebih maka lebih baik. Auto berhitung cepat sangat sangat di perlukan.

3. Menuruku ini penting banget. Soalnya waktu tes dan waktu mulai berjalan mau tidak mau tuh kita bakal tegang sendiri, dan tangan tuh udah berasa kaku ditambah otak tiba tiba nggak bisa mikir 😂. Jadi usahain muat tetap bernafas, berkedip, dan mensugesti diri sendiri biar nggak gugup. Usahain tubuh kamu tuh senyaman mungkin. Ini tuh nggak bisa di pungkirin. Semua yang gagal di tes kayak gini karena mereka kurang bisa mengendalikan diri karena emang nyatanya bikin gugup. Ngalahin gugupnya waktu pertama kali ketemu sama doi wkwk. Jadi ya kadang tuh HRD ngasih waktu yang puanjang nah saat itulah kita gunakan buat menyetabilkan diri. Hal itu lebih penting daripada waktu panjang itu kita gunain buat menyelesaikan penjumlahan sampai keatas yang malah bisa membuat grafik kita terlihat sangat njomplang.

Nah di kreaplin ini ternyata banyak yang gugur, yang awalnya ada 44 peserta tes tinggal 25 orang yang tersisa. So, sukses kreaplin di PT YMMA ini penting.


TES (nggak tau namanya lupa :(

Bagi yang lolos bisa lanjut ke tahap selanjutnya, disini tuh diawali dengan Tes yang berisi 4 tahap. Yaitu Tes Matematika dasar, Deret, Persamaan Kata, dan Hafalan Kata. Masing masing ada 20 soal. So, di tes ini tuh ngerjain 80 soal.

Gambarannya seperti ini :

Matematika dasar

Matematika dasar ini tuh ada 20 soal dengan beberapa variasi. Aku nggak bisa ingat semuanya dan emang nggak bisa ku jawab semua. Variasi yang ku ingat tuh ada perbandingan, Jarak, Operasi bilangan (tambah kurang), Persen, dan Deret Aritmatika

Bisa buka Blog referensi buat contoh soal :
http://gajiloker.blogspot.com/2014/12/contoh-soal-psikotes-perusahaan-lengkap.html?m=1


Deret

Nah sebenernya deret ini mudah kalo emang bisa >.< tapi aku nggak bisa >.< semua perlu latihan. Banyak banyak ngerjain soal tentang deret

Blog referensi :
https://www.awambicara.id/2018/07/tes-psikotes-kerja-deret-angka.html?m=1



Persamaan Kata

Nah disini masih bisa di logika. Ya ini bisa di bilang tes yang paling mudah dari keempatnya soalnya bisa di nalar.

Blog referensi :
https://m.kaskus.co.id/thread/000000000000000009707176/psikotest-acara-dagelan-psikolog/5



Hafalan Kata

Disini kita disuruh hafalin kata untuk beberapa menit. Lalu lanjut mengerjakan soal. Tentu bisa di pelajari kok.

Blog Referensi :
https://ezhpe.wordpress.com/2013/05/19/psikotes-hafalan-kata/
.
.
.


Dan setelahnya sesi ini pun selesai. Ku kira bener bener selesai tapi ternyata masih banyak >.<

Habis ini kita tuh disuruh ngerjain tes selanjutnya Yaitu...

TES Papi Kostik

Aku sendiri nggak tau nih tes kayak apa, tapi aku asal aja ngikutin arahan dari HRDnya. Tes ini lebih menjelaskan tentang bagaimana Pribadi kita.

Blog Referensi :
http://qeiy.blogspot.com/2012/09/mencurangi-tes-papi-kostik.html?m=1

Di sela sela tes ini, ada tes buta warna dan pengukuran tinggi. Jadi di panggil satu satu gitu.

Untuk tes buta warna semua ikut tes buta warna. Dan sialnya, karena mungkin aku terlihat pendek banget makanya aku harus ngukur tinggi juga T_T padahal kayaknya yang lain mah cuma tes buta warna. Apalah ada tinggi ku yang mentok cuma di 150 an

Tes masih berlanjut
.
.
.


Setelah ini masih ada tes CFIT

CFIT

Tes yang bikin anjlok karena emang nggak ngerti sama sekali dan asal ngerjain. Itupun nggak kejawab semua 😭😭. Nyesel aja sih kenapa nggak belajar ini juga sebelumnya, padahal juga tau kali ini bakal muncul. Tapi ya nggak guna juga menyesali apa yang sudah terjadi. So, aku sharr beberapa video yang mungkin bisa membantu

Video Referensi :
https://youtu.be/924kG90DiP4
https://youtu.be/7CHDjivfg7U
https://youtu.be/NohRImyGyvI
https://youtu.be/8WxgD7jJEsU

Ya seperti itulah. Intinya CFIT tuh kayak gitu. Dah iklas tabahkan hati aja aku tuh sama tes ini. Bener bener udah putus asa pengen cepet selesai 🤧

Masih ada tes kah????
Antara cuma itu atau aku lupa T_T soalnya habis tes itu langsung kumpulin terus tes lagi gitu terus nggak ada jedanya. Mau nggak mau ya agak susah sih kalo di inget inget semua. Tapi ya yang bisa ku inget cuma itu T_T

Setelah itu, akhirnya sesi terakhir mengisi bio data yang bakal di gunain untuk menguji kita jikalau kita lolos dan masuk tahap interview.

Setelah mengisi bio data dan di pastikan bisa benar baru diizinkan untuk pulang dan kembali ke habitat masing masing.

Dalam perjalanan pulang tuh aku berasa cuma bisa pasrah lillahi ta'ala diiringi oleh hujan yang menyertai 😭😭😭😭 Aku nggak mengerjakan tes dengan maksimal karena emang kurang belajar dan kurang mempersiapkan diri. Dan untuk pengumuman lolos tidaknya tuh masih nunggu sebulan. You know lah sebulan itu bukan waktu yang singkat. Kalo kerja mah waktu sebulan dah cukup buat dapat gaji T_T

Jadi penganguran tuh nggak enak buanget, so ya udah dapet kerja di nyaman nyamanin di betah betahin biar nggak jadi pengangguran. Karena pengangguran tanpa Anda itu sudah sangatlah buanyakkk jangan lagi di tambah Anda.

Okelah ini post udah panjang buanget dan menurutku sudah cukup bertele tele 😂🤧. Kita balik lagi ke pos selanjutnya. Semoga aku masih bisa nyeritain tentang gimana proses interviewnya.

Iya semoga 🙏 semuanya atas izin Allah

See you next post \(^ 3 ^)/

SELANJUTNYA TAHAP INTERVIEW, MCU DI YMMA


N.B :

*Di sini aku hanya sharing tentang pengalaman ku "Saat itu" jadi kalo sekarang ADA PERBEDAAN atau udah NGGAK UPDATE ya maaf :))

*Bisa baca juga di komentar, siapa tau pertanyaan kalian udah ada jawabannya di kolom komentar. Kalau masih kurang jelas bisa nanya aja di kolom komentar, tapi ku jawabnya sebisa ku karena sekarang udah alumni jadi ya kudet info :))

*Sekali lagi cuma ngingetin, INI POSTINGAN TAHUN 2020, Semua tulisan (baik tulisan post dan komentar) terjadi di sekitar tahun 2020 :)

Aku note karena aku nggak tau kalian baca ini udah ganti tahun jadi tahun berapa, takutnya khilaf, tersesat, dan terjerumuskan wkwk 😹

Fighting!
PSIKOTES DI PT YAMAHA MUSIC MANUFACTURING ASIA Kawasan Industri MM2100 PSIKOTES DI PT YAMAHA MUSIC MANUFACTURING ASIA  Kawasan Industri MM2100 Reviewed by Lilis Mardiana on February 08, 2020 Rating: 5

179 comments:

  1. Malam, bang berapa lama waktu dapet balasan sms dari proses ngirim lamaran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu 5 hari langsung dapet sms, pokoknya ada yg cepet dan ada yg lama beda beda

      Delete
    2. Kk mau tanya berapa lama kita nunggu panggilan lagi klo udah lulus psikotes???

      Delete
    3. Klo aku dulu cuma nunggu 2 mingguan. Nggak tau kalo sekarang mah. Yang pasti ya ada yang cepet ada yang lama juga

      Delete
    4. Saya cmn 1 hari langsung dapet sms

      Delete
  2. Pagi ka, mau tanya pas waktu kirim via pos itu harus ada surat sehat nya atau boleh nyusul ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu waktu ngeposin sih aku belum bikin jdi gk pake surat kesehatan. tpi setelah lolos psikotes tetep disuruh HCDnya buat ngumpulin surat kesehatan. Saran aku sih klo biasa ya bikin aja.

      Delete
  3. Kak apakah itu tes yg akan datang sama seperti yg kakak ceritakan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tes aku waktu bulan febuari kemarin ya. Aku sendiri jg nggak tau kalo untuk bulan ini gimana (bukan peramal :v) Mungkin aja jg bisa ada kesamaan :)

      Delete
  4. Replies
    1. Ada, yg dulu² ngeposin udah pada kepanggil buat psikotes. Bulan ini yamaha udah buka loker sampai desember 2020 (tergantung kebijakan)

      Delete
    2. Ya mon maaf malah bikin ngakak T_T

      Delete
  5. Membantu banget, kemarin aku ngepos tanggal 25, dan alhamdulillah hari ini dapet sms diundang psikotes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak² berdoa, klo rezeki pasti di perlancar. Moga lolos sampai akhir ^^

      Delete
  6. Replies
    1. Iya Essay, jadi klo gk bisa ya mengarang indah 😅🤣 tpi tetep harus ada caranya di tulis di kertas belakang

      Delete
  7. Terimakasih infonya ya ka? Semoga Allah mengabulkan doa Qt semua utk bergabung di PT.YMMA
    Saya ngeposin 2 Minggu yg lalu blm ada panggilan, semoga segera 😳

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada waktu kok sabar aja, klo rejeki mah gk kemana. Moga ya segera dapet panggilan ^^ Fighting

      Delete
  8. Ka itu yg diukur tinggi bdn trs yg tingginya nggk sesuai persyaratan lngsng disuruh pulang kah? Atau msih blh ikut tes selanjutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan sih gk disuruh pulang. Soalnya waktu aku tes dulu kan ya, aku terpendek ke 2 dari semua peserta tes dimana tinggiku nyatanya cuma 151 cm :v dan pastinya masih ada mbak satu yg lebih pendek dariku dia ikut tes sampai selesai tpi gk tau dia lolos sampai akhir atau nggak. Klo menurutku sih coba aja, klo belum ngalamin sendiri sih belum greget hhaha. Ini kenapa jawabnya panjang lebar gini ya :V

      Delete
    2. Maaf benar gk di mintain uang buat tes



      Delete
    3. Di PT rata-rata emang ga mungkin di mintain uang,klo di mintain uang itu biasanya lewat orang dalam(kalo ada)

      Delete
  9. Mksh bgt kak sangat membantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kembali, moga diberi kelancaran sampai akhir 💜

      Delete
  10. Assalamualaikum kak mau nanya dong, kan disms dtg jam set 8 , nah kira kira selesai tes pulang nya jam brpa ya kak wktu kk tes itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, gak tau juga bisa lama bisa cepet. Seingetku dulu sih semua tahap seleksi yamaha sebelum dzuhur dah selesai klo yg berangkat pagi.

      Delete
  11. Terimakasih banget ka membantu banget doain ya hari Selasa aku mau tes semoga bermanfaat ilmu yg KK berikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak² berdoa terus, moga rejeki dan di perlancar. Semangat ^^

      Delete
  12. Kaa kalo sekarang gimana?udh ada panggilan? Aku baru dpt panggilan psikotes di ymma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang tau ya, banyak banyak doa aja klo rejeki nggak kemana. Ini udah mulai ada okb nih

      Delete
  13. Aku juga kepanggil ka di ymm harus sertain tes rapid, itu wajib yaa apa boleh nnti nyusul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm sekarang tambah persyaratan itu ya. Kurang tau tanya aja sama yg udah dipanggil kali aja ada kenalan :)). Kalo menurutku ya tes rapid penting jadi ya buag aja.

      Delete
    2. kak riska,maaf mau tanya kamu emng jadwalnya tesnya kapan ka? aku jga dpt panggilan tpi untuk tgl 26 sep alias itu hari sabtu. nah aku bingung ini bnrn apa ngga, soalnya kan biasanya pt sabtu tu libur kan ya?

      Delete
    3. Aku juga dapat panggilan ka tgl 26 september,

      Delete
  14. Kak aku, mau ngelamar via post tp ijazah blm kluar jd aku nunggu ijazah kluar dlu di antara agustusan mungkin, nah pas disana itu kira2 bisa dapet temen ga ya, btw kita sama tau aku juga org nya suka ceroboh nah klo boleh tau grup fb nya apa ya nama-Nya kali aja bisa dapet temen barengan juga kak, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dapet lah, orang yg butuh kerja ge banyak jadi ya bulan agustus gk cuma kamu yg ngelamar kerja. Udah lah ceroboh ge udah bawaan syukuri aja 😂😂. Ini link grup nya 👉https://mobile.facebook.com/groups/426285664436069?refid=27&_rdr 👈tpi aku lupa beneran yg ini gk, tpi itu grup loker rekomendasi dari aku membantu lah buat cari info

      Delete
  15. Ka ijin tanya kalo cv ga tulis tangan boleh ga ya?soalnya waktu saya ngepost itu cv nya print

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut syarat lokernya sih gk papa, soalnya yg wajib di tulis tangan itu surat lamaran kerjanya aja. Waktu itu aku nggak punya soft file CV males buat juga makanya milih tulisan tangan biar langsung jadi :))

      Delete
    2. Ouh gitu ka makasih y ka infonya👍
      Masih blom ada panggilan ajh k padahal udh 13 hari ini 😪

      Delete
    3. berhusnudzon aja kalo rejeki bakal diperlancar kok. Banyak banyak doa pasti ada jalannya. Semangat.

      Delete
  16. Replies
    1. Di YMMA masih bisa klo mata minus banyak yang pake kacamata. Tapi max minus berapanya kurang tau. Ya kalo minus ya bilang aja minus gk usah di tutup tutupi.

      Delete
    2. Kalo pake soflents boleh ga ka?

      Delete
    3. Menurutku sih sebaiknya sih klo emang minus ya pake kacamata aja nggak papa

      Delete
  17. Ka kalo minus lebih baik pake kacamata atau soflents ya?karena aku pribadi lebih nyaman soflents sih soal nya suka pusing kalo pake kacamata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu aku kurang tau baik soflents apa kacamata. Setau ku sih kalo minus ya pada pake kacamata😂😂

      Delete
    2. Udh 2 minggu lebih blom ada panggilan 😪ngepost lagi boleh ga ya ka?

      Delete
    3. Semangat banyak banyak berdoa. Moga segera dipanggil ya :))

      Delete
    4. Kemungkinan kalo dalam jangka 1 bulan blom kepanggil itu di nyatakan gugur ya ka?

      Delete
    5. Hmm mungkin Lamarannya klo nggak nyelip harus pos ulang, ya mungkin juga ada yang gk sesuai syarat. Biasanya cepet kok panggilan. Tapi ya nggak tau juga sekarang gimana.

      Delete
    6. Ya udah sabar aja ya. Kalo rejeki nggak kemana :))

      Delete
  18. Replies
    1. Nama ig nya apa ka? Semoga kk mau sharing bareng ya(:

      Delete
  19. Ka untuk mcu yg punya alergi gatal bisa msuk ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau ya aku bukan hrdnya >.< klo nggak ekstrim² banget mungkin ya gak masalah. Takutnya tuh contoh ada alegi debu nggak jujur eh dapet bagian di kayu yang banyak debu kan bahaya, makanya ditanya alergi. Imajinasi ku sih kek gitu.

      Delete
  20. Kak untuk lulusan 2020 bisa pake skl kan,,trus transkip nilai nya gimana kak,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini gak tau juga. Aku gk ada temen yg baru lulus jadi ya gak bisa nanya². Bisa cari info di yang lain kek fb ig kek gitu :))

      Delete
    2. Ya nggak tau juga 🤭🤭🤭🤭 bisa kali bisa

      Delete
  21. Kak aku udah ngeposin sebulan yang lalu tapi belum ada panggilan doakan yaa😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah lama juga ya, semangat moga segera di panggil :))

      Delete
  22. Mba waktu ngerjain mtk dasar keisi berapa soal? Kalo saya keisi 10 soal dari 20 soal,apa bisa lolos mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat moga masih rejeki ^^ banyak banyak doa :))

      Delete
    2. Tapi penilaiannya gk diliat cuman dari mtk dasar nya aja ya mba,soalnya kan ada tes psikotes yang lainnya,gk hanya mtk dasar

      Delete
    3. Kalo mtk dasar paling menentukan ya mba?

      Delete
    4. Karena aku bukan hrd ya akunya gk tau juga, menurutku setiap hal ada aspeknya sendiri² ada penilaiannya. Yang penting tuh dah berusaha lah yang terbaik sisanya serahin aja :))

      Delete
  23. mbak nya waktu itu kerjain kreplin nya datar apa ada yang jomplang dikit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti jomplang soalnya aku ngikutin hrdnya. Ada kalanya di awal kasih waktu lama 1 menit kali pas di tengah cuma di kasih waktu 5 detik. Yang penting mah ya sewajarnya gimana gitu aja

      Delete
  24. Kak untuk tempat nya itu dimna?

    ReplyDelete
  25. makasih infonya ka, aku lagi nunggu panggilan tes di yamaha music. rada ngeri juga sih ini. takut soalnya susah T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting jan lupa berusaha sama doa yang banyak² moga rejeki yah jadi di perlancar^^

      Delete
  26. Kak, yg interview org Jepang ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo aku dulu nggak, 3 orang penginterview orang indonesia semua

      Delete
  27. Kak, psikotes di yammus ada tes TIU 5 ngga sih?

    ReplyDelete
  28. Kak klo kirim lamaran lewat pos dan persyaratannya udh semua, apa pasti mendapat panggilan tes psikotes atau tidak yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya klo sesuai persyaratan ya dapet. Di coba dan di tunggu saja

      Delete
  29. Semoga bertemu di yamaha music:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya klo udah kerja di ymma ya pasti ketemu cuman gak kenal 😂 semangat ya

      Delete
    2. Panutan!:( mungkin kalo ga ada blog referensi ini saya tidak akan bisa sampai ke tahap mcu:( terimakasih banyak mbaa,sampai ketemu di pt.ymma:) dan boleh dong nanti kalo ketemu di pt.ymma foto bareng hehehe

      Delete
    3. Itu usaha kamu sendiri, selamat menikmati hasilnya. Senang jika memang bisa sedikit membantu, makasih :)

      Delete
    4. Satu section dong wkwk, saya EP1 mba wkwk ga nyangka saya, nanti kalo ada yang negur tapi gakenal betaeti itu saya mba wkwk

      Delete
    5. Aku udh liat data shift ada nama kamu. Bisa bisanya satu bagian, satu grup lagi wkwk. Mungkin say hello dulu kali ya hahha. Moga enjoy di smt :))

      Delete
  30. Ka tgl 20 SEP aku psikotes , doain ya ka,, moga kita bisa bertemu juga hehhehe

    ReplyDelete
  31. Ada biaya ga kak setiap test nya ?

    ReplyDelete
  32. Untuk minus max nya minusnya brpa ka?

    ReplyDelete
  33. Pemberitahuan lolos psikotes lwt sms ap tlfon ka? Ap email. Tp kmrin ga nulis email

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo aku dulu lewat telpon, ada pagilan interview ya berarti lolos psikotes.

      Delete
  34. Untuk yang lulusan tahun ini wajib Ada npwp gak? Trs kalo npwp lagi diproses bisa nyusul?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo npwp menurutku ya wajib punya aoalnya bersangkutan sama pajak, ntar kita dapet gaji ya harus bayar pph. Nah klo belum jadi baru proses "KAYAKNYA" boleh nyusul.

      Delete
    2. Aku udah ngepos langsung ke pt nya,tinggal nunggu, doain ya kaa semoga kepanggil psikotes (:

      Delete
  35. Kak aku udah ngepos seminggu yg lalu, biasanya dapet panggilan nya berapa Minggu ya dari pas ngepos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo dulu ya semingguan udah kepanggil, nggak tau sekarang masih sama apa nggak

      Delete
  36. Kak kalo laki rambutnya panjang boleh ga,model belah tengah gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak tau ya, waktu itu pas okb angkatanku di bilangin gini "nah gini yg laki² rambutnya pada pendek² rapi" tapi menurutku ya klo merasa panjang ya di pendekin aja dulu ntar klo dah kerja baru di panjangin lagi :)

      Delete
  37. Assalamu'alaikum kak apakah jawaban psikotes matematika berpengaruh buat kelolosan?di isinya dengan cara pengerjaannya atau jawaban nya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, Gak tau juga ngaruh nggaknya soalnya aku dulu juga nggak ku kerjain semua karena nggak bisa wkwkw. Ya balik lagi sih rejeki nggaknya klo masalah mau lolos atau nggak, yang penting berusaha dulu, ngerjain nggak harus fokus sama mtknya doang semua pasti ada penilaian nya masing². Penilaiannya kek apa? aku nggak tau :)

      Delete
  38. Replies
    1. Katanya sih di usahakan yg ideal. Tpi ya nggak tau juga mungkin mau di coba dulu... selama aku kerja yg bb nya over cuma kartap sama yg udah lama😅

      Delete
  39. Replies
    1. Klo segitu menurutku mah masih wajar deh keknya, coba aja, aku juga nggak tau soalnya.

      Delete
  40. Emang bener kak klo masuk langsung kontrak 1thn ?

    ReplyDelete
  41. Ka. Help me :[ aku pas nulis surat lamaran yg bagian lampiran gak di tulis semuanya. Malah ku pake 1. Cv, 2. Ijazah, 3. Dan lampiran lainnya gitu.. huhuu gak muat soalnya. Ga papa kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hue aku juga gk bisa nge bantu apa apa. Tpi saran aku ya tunggu dulu siapa tau masih di toleransi terus dpt panggilan. Tpi klo beberapa minggu gk kepanggil mungkin bisa ngirim ulang. Tpi katanya klo sekarang emang ada yg sebulan baru kepanggil.

      Delete
  42. Ka kalo tb 149 gmna ya, coba apa engga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kalo berani nyoba ya silahkan di coba dulu. Soalnya dulu ya ada yg psikotes lebih pendek dari aku tapi gak tau lolos nggak nya.

      Delete
  43. Ga pinter2 banget mtk dasar gimana ya kak
    Kreplin harus cepet yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kreaplin ya di usahakan cepet. Klo mtk ya saranku tetap harus belajar min yang udah aku share di atas.

      Delete
  44. Saat ini mbak masih bekerja di PT ymma mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta doanya mbak saya tinggal nunggu hasil MCU kira²brpa lama ya mba

      Delete
    2. Kurang lebih 10 hari mungkin. Semangat moga rejeki dan di terima kerja :))

      Delete
  45. Hari ini aku dapat panggilan tes Yamaha music kak, aku kesini nyari referensi dan ternyata dah dig dug serr, jadi pesimis apalagi soal matematika deret. Aku ga paham2 :( bantu doa ya kak, tgl 12 Maret aku berangkat ke Cikarang dari Sukabumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, semangat ya, persiapkan diri aja biar bener² siap mumpung msih ada waktu ntuk hasilnya mah serahkan aja dengan banyak² doa, klo rejeki nggak kemana kok :))

      Delete
    2. Kak, waktu ngisi kekurangan sama kelebihan gimana?

      Delete
    3. Saran kalau kekurangan yg gk berhubungan dengan kerjaan seperti "boros" terus kalo di jelasin seperti boros belanja. Kalo kelebihan yang berhubungan dengan kerjaan. Seperti "disiplin". Intinya apapun itu yg penting kalo di tanya pas interview kamu bisa jawab :)

      Delete
  46. Aku masih sekolah lulus thn 2021, pengin bgt masuk sana kak. Insyaallah aku bakal ndaftar disana. Makasih ini sangat membantu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat ya! Peluang kerja di ymma banyak kok, moga rejeki. Semangat juga buat ujiannya dulu :)

      Delete
  47. Sblm psikotes aku mampir dulu baca ini wkwk.. Cuma mau bilang terimakasih banyak kak infonya lengkap bngt sangat membantu sekali, semoga Allah selalu permudah segala urusannya dunia akhirat aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aamiin, makasih doanyaa. Semangat terus ya!moga apa yang kamu mau juga terkabul ^^

      Delete
  48. Kak untuk kemeja kalau pakai yang lengan pendek boleh gak atau waktu kakak psikotes ada gak yang pakai kemeja lengan pendek?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya allah aku nggak pernah fokus sama pakaian ada yang lengan pendek atau nggak wkwk. Ya mungkin ada kali ya cowok atau yang nonis. Tapi ya kurang tau juga

      Delete
  49. Lagi nyari referensi eh ketemu ini yaampun ngebantu bgt, hari sabtu besok aku mau test semoga lancar😭😭 pertama kali nyoba test pt degdegan bgt yaampun gapinter mtk

    ReplyDelete
  50. Kak mau tanya tes psikotes hari sabtu juga ada ya? Denger2 kalo sabtu pt libur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya dulu dulu juga pada tes hari sabtu, aku juga kurang tau. Kalo sabtu minggu pt ya libur cuman kan ya tetap buka karena ada yang lembur

      Delete
  51. Kak mau nanya paling serius nih, buat persyaratan yg fc ijazah semacamnya tu dikumpulin kapan ya? Trs itu per-tes butuh waktu berapa menit? Seharian suntuk ya, lama bgt kek nya. Brarti seharian itu buat tes ya belum interview?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkas² dikumpulin pas interview. Pertes butuh waktu berapa aku nggak ngehitung ya jadi nggak tau, paling lama sampai tengah hari (4 jam an) nggak sampai seharian, seharian berarti beda beda gelombang

      Delete
  52. Kak ada nomor wa nda? Aku mau tanya2 lebih ke kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ada. Tapi bisa nanya nanya lewat email. Pasti ku bales kok

      Delete
  53. Kakaknya tes langsung ke pt ya, aku mau daftar lewat bkk nih, doain ya semuaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaat moga lancar yah buat tes nya. Dan hasil sesuai harapan :))

      Delete
  54. kak mau tanya,emng kalo tes psikotes itu ga boleh pake kemeja putih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tidak boleh pakai hitam putih. Biar apa? Mungkin biar nggak terlalu formal kali, biar lebih nyaman juga. Ngarang sih :"

      Delete
    2. berati ga boleh pake celana hitam kak?

      Delete
    3. Ya boleh. Yang nggak boleh kan hitam putih. Kalo mau pakai biru hitam, merah hitam, atau merah merah ya terserah :)

      Delete
  55. Kak maaf mau tanya, kalau ada panggilan psikotes gitu ke pt nya langsung apa gimana yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo hasil pos atau web sih langsung ke pt. Tapi aku kurang tau kalo semisal lewat bkk tesnya dimana

      Delete
  56. ka waktu pengerjaan tes yg 80 soal itu brp lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk waktu aku nggak tau sama sekali. Boro boro ngeliat jam, tiap menit udah deg²an mulu mana sempat ngitung jam wkwk. Maaf ya nggak tau :)

      Delete
  57. Kak aku tes hari jumat besok tapi minder banget mataku minus nya lumayan besartakut ga lolos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya bismillah aja, kalau lolos ya alhamdulillah kalau nggak lolos ya berarti belum rejeki kamu. Yang penting udah nyoba :)) Semangat!

      Delete
  58. Kak, soal matematika dasar, jawabnya harus dengan caranya apa langsung inti jawabannya aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di usahakan pake caranya, walaupun nggak rapi yang penting ada coret coretannya. Seingetku sih gitu

      Delete
  59. Assalamualaikum kak.ijin bertanya
    Untuk tes nya ada tes sinonim antonim gk ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam. Ada, di tulisan udah aku singgung sedikit yang tentang persamaan kata

      Delete
  60. Kak mtknya soal cerita apa bilangan baku yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca ulang, buka aja link yang "blog referensi" itu kurang blebih contoh contohnya sekitar itu, tapi itu dulu banget 2020. Nggak tau soal sekarang gimana

      Delete
  61. Maaf mau tanya kalau di YMMA mata minus bisa gk? Kalau bisa ada batasan minus nya gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dulu boleh minus, sekarang mungkin masih bisa juga. Max berapa aku nggak tau :)

      Delete
  62. Kak aku mo nanya² lebih lanjut, boleh minta ig-nya ngga kak? ��

    ReplyDelete
  63. Ka gaji pt ymma brapa?

    ReplyDelete
  64. kak di biodata nya ada coretan terus rata" nilai un belum diisi, kira" bakalan kepanggil interview ga ya?;( huaa ceroboh bgt aju

    ReplyDelete
  65. Terima kasih sangat membantu :)

    ReplyDelete

Berkomentar itu memang sulit :" Terima Kasih!

loading...
Powered by Blogger.