*Semoga post kali ini bisa membantu sobat deul yang lagi cari info untuk pembuatan laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk SMK khususnya yg jurusan akuntansi tpi nggak menutup kemungkinan bakal berguna juga kok bagi yang jurusan lain. Btw, ini laporan asli jadi NO SENSOR, masih ada nama nama yang mungkin iligal untuk dipublikasikan :'v...... Sipp selamat membaca :)
N.B : untuk bagian COVER & LEMBAR PENGESAHAN AKU SKIP :)
PERSEMBAHAN
Atas tersusunya laporan Praktik Kerja Lapangan
ini, saya panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT.
Karya kecil ini saya persembahkan untuk :
Ø
Yang Terhormat
Kepala SMK Negeri 1 Purwodadi, Bapak Sukamto, S.Pd, M.M
Ø
Yang
Terhormat Ketua Kompetensi Keahlian Akuntansi, Ibu Endah Tri Wahyuni, S.Pd
Ø
Yang
Terhormat pembimbing PKL Kami, Ibu Puji Astuti, S.Pd
Ø
Yang
Tercinta, dan yang paling utama kedua orang tua
Ø
Yang
terhormat kepada seluruh Tenaga Pendidik dan
Kependidikan SMK Negeri 1 Purwodadi
Ø
Dan seluruh
teman serta semua orang yang terlibat dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan
saya serta dalam pembuatan laporan ini.
Demikian persembahan yang dapat penulis sampaikan
pada kesempatan kali ini, terimakasih sekali lagi kepada semua orang yang telah
membantu saya dalam menjalani Praktik Kerja Lapangan maupun dalam pembuatan laporan.
MOTTO
Ø Kebijakan dan kebajikan
merupakan perisai terbaik untuk hidup.
Ø Hadir terlambat memang
lebih baik dari pada tidak hadir sama sekali tetapi bila berkali-kali adalah
suatu kecerobohan.
Ø Janganlah larut dalam satu
kesedihan karena masih ada hari esok yang menyongsong dengan sejuta
kebahagiaan.
Ø Sejarah bukan hanya
rangkaian cerita, ada banyak pelajaran, kebanggan dan harta didalamnya.
Ø Apabila anda berbuat
kebaikan kepada orang lain, maka anda telah berbuat baik terhadap diri sendiri.
Ø Lihatlah keatas untuk
menjadi lebih baik, lihatlah kebawah untuk belajar mengucap syukur.
Ø Berusahalah jangan sampai
terlengah walau sedetik saja, karena atas kelengahan kita tak akan bisa
dikembalikan seperti semula.
Ø Kebaikan tidak bernilai
selama diucapkan akan tetapi bernilai sesudah dikerjakan.
Ø Manusia tak selamanya benar
dan tak selamanya salah, kecuali ia yang selalu mengoreksi diri dan membenarkan
kebenaran orang lain atas kekeliruan diri sendiri.
Ø Siapa yang kalah dengan
senyum, dialah pemenangnya.
KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang
telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Praktik
Kerja Lapangan (PKL) dan dapat menyusun laporan ini dengan baik guna memenuhi
kelengkapan bukti belajar (evidence).
Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dapat disusun
dengan baik berkat bantuan dari pihak-pihak yang telah memberikan bimbingan dan
dukungan sebagai bahan masukan untuk kami.Untuk itu pada kesempatan ini kami
mengucapkan terima kasih kepada :
1. Sukamto, S.Pd, M.M sebagai
Kepala SMK Negeri 1 Purwodadi yang telah memberi kesempatan pada kami untuk
melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
2. Satgas PKL, K3 dan semua pihak yang telah mempersiapkan administrasi, tempat PKL, serta memberikan pembekalan kepada peserta PKL.
3. Dr. Ir, Mohamad Sumarsono, M.Si sebagai Kepala Sekretariat Daerah yang telah memberikan ijin pada kami untuk melaksanakan PKL.
4. Puji Astuti, SPdsebagai Guru pembimbing pesertaPKL dan pembimbing penulisan laporan kegiatan di SMK Negeri 1 Purwodadi
5. Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL)dapat terselesaikan.
2. Satgas PKL, K3 dan semua pihak yang telah mempersiapkan administrasi, tempat PKL, serta memberikan pembekalan kepada peserta PKL.
3. Dr. Ir, Mohamad Sumarsono, M.Si sebagai Kepala Sekretariat Daerah yang telah memberikan ijin pada kami untuk melaksanakan PKL.
4. Puji Astuti, SPdsebagai Guru pembimbing pesertaPKL dan pembimbing penulisan laporan kegiatan di SMK Negeri 1 Purwodadi
5. Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL)dapat terselesaikan.
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan
kekeliruan dalam penulisan laporan ini.Untuk itu kami mengharapkan kritik dan
saran yang bersifat membangun dari pembaca.Akhirnya penulis mengucapkan
terimakasih atas segala dukungan dan bantuan sehingga laporan ini dapat
tersusun dengan baik.
Purwodadi, 28 April 2018
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL...........................................................................................
1
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ 2
PERSEMBAHAN............................................................................................... 3
MOTTO ............................................................................................................ 4
KATA PENGANTAR ........................................................................................ 5
DAFTAR ISI............................................................................................... ........ 6
BABI PENDAHULUAN
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................ 2
PERSEMBAHAN............................................................................................... 3
MOTTO ............................................................................................................ 4
KATA PENGANTAR ........................................................................................ 5
DAFTAR ISI............................................................................................... ........ 6
BABI PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Praktik Kerja Lapangan................................... 7
B. Tujuan Praktik Kerja
Lapangan................................................ 8
C. Manfaat Praktik Kerja Lapangan..............................................
9
D. Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan.............................10
BAB II GAMBARAN UMUM
A. Sejarah........................................................................................11
B. Visi dan
Misi..............................................................................12
C. Susunan
Organisasi....................................................................12
D. Kegiatan yang dilaksanakan......................................................13
BAB III LAPORANPRAKTIK KERJA LAPANGAN
A. Pelaksanaan Kegiatan ...............................................................14
B. Hasil
Kegiatan...........................................................................16
C. Daftar Hadir Peserta..................................................................16
D. Tata Tertib Peserta....................................................................17
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan...............................................................................18
B. Saran.........................................................................................18
LAMPIRAN
1. Lampiran Pendukung
2. Foto-foto Kegiatan
3. Biodata Peserta Praktik Kerja Lapangan
BABI
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Praktik Kerja Lapangan
Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan
potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil dari
sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat.
Proses tersebut
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang
mereka miliki menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap
(spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk
kehidupan dirinya dan kehidupan bermasyarakat pada umumnya, berbangsa, serta
berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia.
Guna merealisasikan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, setiap
satuan pendidikan melakukan penyusunan program pembelajaran. Program pembelajaran dapat berlangsung di sekolah,
di lingkungan keluarga, dan di masyarakat. Program pembelajaran yang
diprogramkan secara khusus untuk diselenggarakan di masyarakat antara lain
berupa Praktik Kerja Lapangan (PKL).Program PKL disusun
bersama antara sekolah dan masyarakat (Institusi Pasangan/Industri) dalam
rangka memenuhi kebutuhan peserta didik, sekaligus merupakan wahana
berkontribusi bagi dunia kerja (DU/DI/Instansi) terhadap upaya pengembangan
pendidikan di SMK.
Konsep di atas berdasarkan landasan hukum
Permendikbud No 60 tahun 2014 lampiran 1 a. III. B (point i sampai dengan l).
·
Praktik Kerja Lapangan dapat dilaksanakan
menggunakan sistem blok selama setengah semester (sekitar 3 bulan); dapat pula
dengan cara masuk 3 hari dalam seminggu, setiap hari 8 jam selama 1 semester.
·
Pelaksanaan
pembelajaran mata pelajaran kelompok A dan B dapat dilakukan di satuan
pendidikan dan/atau industri (terintegrasi dengan Praktik Kerja Lapangan)
dengan Portofolio sebagai instrumen utama penilaian.
·
SMK/MAK
menyelenggarakan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bersama dengan institusi
pasangan, yang memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di
sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung
di institusi pasangan, terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian
profesional tertentu.
·
Khusus
untuk Madrasah Aliyah Kejuruan struktur kurikulum dapat dikembangkan sesuai
dengan kebutuhan yang diatur oleh Kementerian Agama.
Kegiatan praktek kerja merupakan
kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yang mendukung kegiatan belajar
mengajar siswa melalui kegiatan praktek kerja secara langsung di dunia kerja
sesuai dengan program studi tertentu untuk mencapai keahlian kerja sebagai
bekal untuk bekerja secara profesional.
Untuk
mewujudkan tujuan tersebut, maka diterapakan suatu sistem pendidikan yang
dikenal dengan istilah “Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN)”.Atau disebut juga
dengan
“Pendidikan Sistem Ganda (PSG)”.
Sistem ini merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian
profesional yang memadukan secara
sistematis program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian
melalui kegiatan bekerja secara langsung dan terarah untuk mencapai tingkat
keahlian profesional tertentu.
Keahlian
profesional hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan
pada bidang profesi yang ada dalam dunia kerja.Sehubungan dengan itu, maka
siswa SMK Negeri 1 Purwodadi pada jenjang tertentu diwajibkan mengikuti
kegiatan praktek kerja lapangan secara langsung.
B. Tujuan Praktik Kerja Lapangan
Tujuan
Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK Negeri 1 Purwodadi antara lain sebagai
berikut.
1. Mengaktualisasikan
model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMK dan Institusi
Pasangan (DU/DI/ Instansi) yang memadukan secara sistematis dan sistemik
program pendidikan di sekolah (SMK) dan program latihan penguasaan keahlian di
dunia kerja (DU/DI/Instansi).
2. Membagi
topik-topik pembelajaran dari Program Dasar yang dapat dilaksanakan di sekolah
(SMK) dan yang dapat dilaksanakan di Institusi Pasangan (DU/DI/Instansi) sesuai
dengan sumber daya yang tersedia di masing-masing pihak.
3. Memberikan
pengalaman kerja langsung (real)
kepada peserta didik dalam rangka menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli
mutu proses dan hasil kerja.
4. Menanamkan
etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja dalam
menghadapi tuntutan pasar kerja global.
C. Manfaat Praktik Kerja Lapangan
Setiap kegiatan
yang dilakukan pasti memiliki manfaat, demikian pula dengan kegiatan praktek kerja lapangan yang telah
selesai dilaksanakan. Adapun manfaat dari kegiatan praktek kerja lapangan yang
telah penulis laksanakan adalah sebagai berikut:
1.
Manfaat untuk siswa
a.
Mendapatkan pengetahuan tentang
dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga tidak canggung lagi bila memasuki dunia
kerja nantinya.
b.
Dapat mempraktekkan teori yang
sudah diajarkan di sekolah.
c.
Mendapatkan pengalaman baru,
yang belum pernah didapatkan di sekolah.
d.
Belajar beradaptasi, dan
berkomunikasi, dengan sekelompok orang yang sudah memiliki pengalaman bekerja.
2.
Manfaat untuk sekolah
a.
Mempererat silaturohim dengan
perusahanaan/ instansi tempat siswa PKL.
b.
Meningkatkan kuwalitas dan mutu
sekolahan dengan bekerjasama dengan perusahaan/ instansi lain.
c.
Mengenalkan siswa dengan dunia
kerja, sehingga siswa dapat menerapkan teori yang diberikan disekolah.
3.
Manfaat untuk Instansi/DUDI
a.
Memperat silaturohim dengan
berbagai sekolah.
b.
Mempermudah pekerjaan kantor,
dengan adanya siswa yang PKL di perusahaan/ instansi tertentu, tentu dapat
mempermudah pekerjaan.
c. Mepermudah dalam mencari bibit- bibit pekerja.
D. Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan
Waktu pelaksanaan PKL adalah 90 hari, dimulai sejak tanggal 29 Januari s/d
28 April 2018.Waktu 90 hari adalah waktu yang cukup bagi kami
untuk belajar dan mengenal dunia kerja.
Kami ditempatkan di Pemerintah
Kabupaten Grobogan Sekretariat Daerah terletak di Jl. Gatot Subroto No. 6
BAB II
GAMBARAN UMUM
A. Sejarah Instansi/DUDI
Sejarah pemerintah daerah di republik Indonesia tidaklah berusia
pendek. Lebih dari setengah abad lembaga pemerintahan lokal ini telah mengisi
perjalanan bangsa. Dari waktu ke waktu pemerintah daerah telah mengalami
perubahan bentuknya. Setidaknya ada tujuh tahapan hingga bentuk pemerintahan
daerah seperti sekarang ini (2009). Pembagian tahapan ini didasarkan pada masa
berlakunya undang-undang yang mengatur pemerintahan lokal secara umum.
Tiap-tiap periode pemerintahan daerah memiliki bentuk dan susunan yang
berbeda-beda berdasarkan aturan umum yang di tetapkan memalui undang-undang.
Patut juga dicatat bahwa konstitusi yang digunakan juga turut mempengaruhi
corak dari undang undang yang mengatur pemerintahan daerah. Dalam artikel ini
tidak semua hal yang ada dalam pemerintahan daerah di kemukakan. Dalam artikel
ini akan di bahas mengenai susunan daerah otonom dan pemegang kekuasan
pemerintahan daerah di bidang legislatif dan eksekuitif serta beberapa kejadian
yang khas untuk masing masing periode pemerinntahan daerah
Periode VII (mulai 2004)
Pada periode ini berlaku undang undang no. 32 th 2004 tentang
pemerintahan daerah. Undang undang ini mennggantikan undang undang no. 22 th
1999. Menurut undang undang ini Indonesia di bagi menjadi satu jenis daerah
otonom dengan lerincian negara kesatuan republic Indonesia di bagi atas daerah
daerah provinsi dan daerah provinsi itu di bagi atas daerah kabupaten dan
daerah kota. Selain itu negara mengakui kekhususan dan keistimewaan yang ada
pada 4 daerah yaitu Aceh, Jakarta, Papua dan Jojakarta. Negara juga mengakui
dan menghormati kesatua kesatuan hukum adat (desa atau nama lain) beserta hak
tradisionalya sepanjang masih hidup dan sesuai perkembangan masyarakat dan
prinsip negara kesatuan
Tingkat II kabupaten kota
Undang undang menentukan bahwa pemerintahan local menggunakan
nomenklatur “pemerintahan daerah” adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan
oleh pemerintah daerah dan DPRD menurut azas otonomi dn tugas pembantuan dengan
prinsip otonomi seluas luasnnya dalam sistim dan prinsip kesatuan republic
inndonesia sebagaimana yang di maksud dalam undang undang dasar negara republic
Indonesia th 1945.
B. Visi dan Misi Instansi/DUDI
1. Visi Instansi/DUDI
Visi sekretariat daerah kabupaten grobogan adalah :
“Terwujudnya masyarakat kabupaten grobogan yang sejahtera secara
utuh dan menyeluruh”
2. Misi Instansi/DUDI
1. Membangun dan meningkatkan infrastruktur jembatan-jembatan,
perhubungan, perumahan-perumahan dan sumber daya air.
2. Meningkatakan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan.
3. Pengembangan ekonomi kerakyatan bidang
UMKM. Industry, perdagangan, koperasi
dan periwisata.
4. Peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan pemberdayaan
masyarakat, keolahragaan, kepemudaan, KB dan pelayanan sosial dasar lainnya.
5. Mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan peningkatan
penyerapan tenaga kerja.
6. Meningkatan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola
pemerintahan daerah yang akuntabel dan kualitas pelayanan public.
7. Meningkatan kelestarian sumber daya alam, lingkungan hidup dan
kualitas penataan ruang.
8. Meningatkan penghayatan nilai-nilai keagamaan dan pelestarian
budaya masyarakat.
9. Meningkatkan pemerataan pendapatan, pembangunan antar wilayah,
kesetaraan gender, perlindungan anak dan penanggulangan kemiskinan.
C. Susunan Organisasi Instansi/DUDI
Terlampir
D. Kegiatan yang dilaksanakan Instansi/DUDI
a. Bagian Hukum & HAM
a. Bagian Hukum & HAM
1. Penyediaan
sarana dan prasarana sistem informasi hukum
2. Sosialisasi
peraturan perundang-undangan
3. Penyelarasan
rancangan peraturan bupati dann keputusan bupati
b. Bagian Administrasi Pimpinan
b. Bagian Administrasi Pimpinan
1. Pengelolaan
administrasi kantor pimpinan
2. Bimbingan
teknis peningkatan kapasitas pengelola administrasi pimpinan
c. Bagian Pemerintahan Desa
1. Pembinaan dan
fasilitasi pengelolaan keuangan desa
2. Program peningkatan kapasitas aparatur
pemerintahan desa
d. bagian Tata Pemerintahan
1. Kegiatan
penyusunan LKPJ Bupati Kabupaten Grobogan 2016
2. Kegiatan
penyusunan LPPD dan ringkasan LPPD tahun 2016
3. Kegiatan pelaksanaan
sewa asset pemkab Eks. Bondo Desa di kelurahan
e. Bagian Umum
e. Bagian Umum
1. Program
pelayanan Administrasi Perkantoran
2. Penyediaan
Jasa Komunikasi, sumber daya air dan listrik
f. Bagian Kesejahteraan Rakyat
f. Bagian Kesejahteraan Rakyat
1. Fasilitasi
pembinaan kegiatan islami
2 Penyelenggara kegiatan
keagamaan dan kesejahteraan masyarakat
3. Peningkatan
SDM pengelolaan hibah dann bansos
g. Bagian Pembangunan
1. Program
pengaturan jasa kontruksi
2. Pembinaan tim
pengelola kegiatan pengadaan barang/jasa di desa
3. Pengelolaan
aplikasi TERPA kab. Grobogan
h. Bagian Perekonomian
1. Peningkatan koordinasi bidang produksi dan
sumber daya alam
2. Penunjang program penghematan energi dan air
i. Bagian Keuangan
1. Penyusunan pelaporan keuangan semesteran dan
progonis relisasi anggaran
2. Penyusunan Laporan Keuangan Akhir SKPD Tahun
3. Pengelolaan Administrasi dan Pelaporan Keuangan
BAB III
LAPORANPRAKTIK KERJA LAPANGAN
A. Pelaksanaan Kegiatan
NO
|
HARI/
TANGGAL
|
WAKTU
|
KEGIATAN
|
KETERANGAN
|
1
|
Senin , 28 Januari 2018
|
07.15 – 14.15
|
Penghantaran ke Sekertariat Daerah
|
Siswa di hantar oleh pembiming yan pertama kali
untuk melakukan PKL
|
2
|
Selasa, 30 Januari – Sabtu, 3 Febuari 2018
|
07.15-14.15
|
- Disposisi Surat
- Fotocopy & stempel surat
- Arsip Surat
|
-
|
3
|
Senin, 5 Febuari – Sabtu, 10 Febuari 2018
|
07.15-14.15
|
- Meminta No. Bon
- Meminta No.SPPD
- Menyusun Bukti Dinas Luar
- Mengisi SK
|
-
|
4
|
Senin, 12 Febuari – Sabtu, 17 Febuari 2018
|
07.15-14.15
|
- Mengantarkan Asman
- Meminta TTD Asisten Administrasi
- Membuat Surat
|
-
|
5
|
Senin, 19 Febuari – Sabtu, 24 Febuari 2018
|
07.15-14.15
|
- Meminta No. Surat
- Mengarsip surat
- Mendampingi Rapat
- Mengecek Bukti Pajak
|
-
|
6
|
Senin, 26 Febuari – Sabtu, 3 Maret 2018
|
07.15-14.15
|
- Mengedarkan Surat
- Menabungkan uang di BPD
- Menomori Surat Nota Dinas
- Menaikan Asman
|
-
|
7
|
Senin, 5 Maret – Sabtu, 10 Maret 2018
|
07.15-14.15
|
- Mengelompokkan SPJ
- Mengambil Revisi Asman
- Menyetempel SK
|
-
|
8
|
Senin, 12 Maret – Sabtu, 17 Maret 2018
|
07.15-14.15
|
- Mendisposisi Surat
- Mengedarkan Surat
- Menomori SPPD
- Mengecek Bukti Pajak
|
-
|
9
|
Senin, 19 Maret – Sabtu, 24 maret 2018
|
07.15-14.15
|
- Membuat Bagan Bagian
- Mengarsip Surat
- Fotocopy
- Mendisposisi Surat
|
-
|
10
|
Senin, 26 Maret – Sabtu, 31 Maret 2018
|
07.15-14.15
|
- Meminta No. Bon
- Meminta No.SPPD
- Menyusun Bukti Perjalanan Dinas
- Mengisi SK
|
-
|
11
|
Senin, 2 April – Sabtu, 7 April 2018
|
07.15-14.15
|
- Mengarsip Surat
- Mengelompokkan Bukti Pajak
- Meminta Dispo dari Bupati
- Mengantarkan Surat
|
-
|
12
|
Senin, 9 April – Sabtu, 14 April 2018
|
07.15-14.15
|
- Mendampingi Dinas Luar
- Mengantarkan Asman
- Fotocopy
- Membayar pajak di BPD
|
-
|
13
|
Senin, 16 April – Sabtu, 21 April 2018
|
07.15-14.15
|
- Meminta No. Surat
- Mengarsip surat
- Mendampingi Rapat
- Mengecek Bukti Pajak
|
-
|
14
|
Senin, 23 April – Jum’at, 27 April 2018
|
07.15-14.15
|
- Mendisposisi Surat
- Mengedarkan Surat
- Menomori Surat Nota Dinas
- Menomori Surat Perintah Dan SPPD
|
-
|
15
|
Sabtu, 28 April 2018
|
07.15-14.15
|
Penarikan Siswa Dari Tempat Dunia Industri /
Instansi
|
-
|
B. Hasil Kegiatan
1.
Faktor pendukung
Yang sangat mendukung dalam dunia instansi di SETDA
adalah kerjasama antara karayawan satu dengan karyawan yang lain dan bagian
satu dengan yang lain sangatlah erat sekali. Dan kebiasaan yang sangat baik di
lingkungan SETDA adalah apel setiap pagi hari walaupun itu hal yang sederhana
tetapi hal tersebut juga dapat meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja dan
ketepatan waktu untuk bekerja.
2.
Faktor Penghambat
Terpaku
pada pekerjaan yang akan datang sebelum menyelesaikan yang sedang berjalan
Mengendalikan antusias itu penting. Begitu
mendapatkan berita baik didepan, banyak orang yang melupakan tugas yang sedang
dikerjakan sampai terbengkalai. Tetapi menyelesaikan apa yang perlu di
selesaikan terlebih dahulu akan lebih baik. Sabar dapat menjadi kata kunci
dalam mengendalikan antusias.
Kegagalan dalam menyelesaikan
tugas
Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Tetapi
kegagalan tanpa ada rasa untuk berubah dan memperbaiki akan lebih fatal
akibatnya. Kegagalan yang berulang-ulang membuktikan kurangnya disiplin dalam
berkerja. Hal tersebut tidak hanya dalam individu saja tetapi juga sebagai
group maupun perusahaan.
3.
Pengembangan di Masyarakat
Di Sekertariatan daerah banyak sekali bagian yang
menagani pelayanan langsung masyarakat. Contohnya di bagian Kesejahteraan
rakyat. Pelayanan yang di lakukan disana biasanya mengenai bidang ke agamaan seperti bantuan untuk
melakukan kegiatan serti pengajian dan disana baiasanya juga menyiapan
sambutan- sambutan untuk bupati ketika akan menghadiri acara yang berhubungan dengan
kesejahteraan rakyat.
C. Daftar Hadir Peserta
Terlampir
D.
Tata
Tertib Peserta
1.
Peseta Didik
wajib
a.
Mengetahui
peraturan yang berlaku dalam lembaga praktik.
b.
Berada di
tempat praktik 15 menit sebelum praktik dimulai , berlaku sopan serta jujur ,
bertanggung jawab , berisiatif dan kreatif terhadap tugas –tugas yang di
berikan.
c.
Mengenakan
pakaian seragam sekolah atau pakaian yang ditetapkan oleh Dunia usaha /
Instansi.
d.
Memberi salam
pada waktu datang dan mohon diri pada wakru pulang .
e.
Memebritahu
kepada pemimpin unit / pembimbing praktik jika berhalanagn hadir atau bermaksud
meninggalan tempata praktik.
f.
Membicarakan
dengan segera kepada guru pembimbing ketua kelompok atau petugas yang ditinjuk
apabila mengalami kesulitan.
g.
Menaati
peraturan dalam penggunaan alat dan bahan yang dipakai praktik kerja.
h.
Melporkan
dengan segera kepada oetugas yang berwenang apabila terjadi kerusakan atau
salah mengambil alat atau bahan.
i.
Membersihkan
dan mengatur kembali peralatan dengan rapi seperti semula apabila akan
meninggalakn tempat.
j.
Menerima dan
mengisi serta menyerahakn agenda harian.
2.
Peserta didik
dilarang
a.
Merokok di
tenpat praktik
b.
Menerim tamu
pribadi pada waktu praktik
c.
Menggunakan
pesawat telepon perusahaan / tempat praktik tanpa seijin petugas.
d.
Pindah tempat
kegiatan kecuali atas perintah yang berwenang dalam mengatur penempatan
kegiatan praktik.
e.
Khusus untuk
peserta Didik permpuan, dialrang:
1.
Memakai
pakaian yang tidak sesuai dengan budaya kerja setempat.
2.
Memakai
perhiasan mencolok
3.
Memakai tata
rias mka yang kurag sesuai dengan situasi dan kondisi setempat.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1.
Kegiatan Prakerin ini sangat bermanfaat bagi
kami untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berintekrasi dengan orang lain
sehingga kami dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
2.
Prakerin merupakan kegiatan di luar jam sekolah
yang bekerja sama dengan masyarakat atau instansi pemerintah atau swasta,
sehingga kami dapat berlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan
masyarakat luar.
3.
Prakerin dapat menjadi penunjang siswa – siswi
untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan profesional untuk menjadi
bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa
yang telah diperoleh selama prakerin.
4.
Kegiatan Prakerin membuat kami memahami bahwa
pembelajaran akuntansi dan administrasi merupakan kecakapan teknis untuk
membantu perkembangan suatu perusahaan atau instansi
B.
Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat
pelaksaan prakerin yang sebagian kecil justru tidak kami temukan
saat mengikuti pembelajaran di kelas. Beberapa saran yang hendak penyusun sampaikan
diharapkan dapat membantu proses evaluasi dan sebagai bahan
acuan bagi pelaksanaan Prakerin untuk masa-masa yang akan datang.
Selain itu, saran-saran ini merupakan suatu wujud kepedulian penyusun terhadap
kemajuan dunia pendidikan.Terkait dengan ini kami ajukan
beberapa saran antara lain :
1. Saran
untuk Pihak Instansi/DUDI
a. Untuk menjaga terjalinnya hubungan baik antara pihak industri denganpihak sekolah, maka diharapkan untuk masa-masa yang akan datang pihak industri dapat menerima kembali siswa-siswi yang akan melaksanakan Prakerindari dunia pendidikan, khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Purwodadi dengan tangan terbuka, karena dengan hubungan baik ini sangat diharapkan keberadaannya di dunia pendidikan, khususnya pendidikan kejuruan.
b. Dalam melaksanakan Prakerin hendaknya pihak industri memberikansuatu target atau hal-hal yang harus dikuasai dalam pelaksanaan Prakerin.
c. Diharapkan pihak industri memiliki bagian khusus yang menangani siswayang sedang melaksanakan Prakerin sehingga keberadaannya lebih terbinadan terkontrol dengan baik.
d. Diadakannya kerjasama antara pihak industri dengan pihak sekolah,karena hal ini dapat membantu proses kegiatan siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan aplikasi pelajaran yang telah didapatkan disekolah.
e. Pihak industri sebaiknya mengadakan evaluasi berkala mengenai kemajuan yang telah dicapai oleh siswa Prakerin.
a. Untuk menjaga terjalinnya hubungan baik antara pihak industri denganpihak sekolah, maka diharapkan untuk masa-masa yang akan datang pihak industri dapat menerima kembali siswa-siswi yang akan melaksanakan Prakerindari dunia pendidikan, khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Purwodadi dengan tangan terbuka, karena dengan hubungan baik ini sangat diharapkan keberadaannya di dunia pendidikan, khususnya pendidikan kejuruan.
b. Dalam melaksanakan Prakerin hendaknya pihak industri memberikansuatu target atau hal-hal yang harus dikuasai dalam pelaksanaan Prakerin.
c. Diharapkan pihak industri memiliki bagian khusus yang menangani siswayang sedang melaksanakan Prakerin sehingga keberadaannya lebih terbinadan terkontrol dengan baik.
d. Diadakannya kerjasama antara pihak industri dengan pihak sekolah,karena hal ini dapat membantu proses kegiatan siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan aplikasi pelajaran yang telah didapatkan disekolah.
e. Pihak industri sebaiknya mengadakan evaluasi berkala mengenai kemajuan yang telah dicapai oleh siswa Prakerin.
2. Saran untuk Pihak
Sekolah
a. Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang sesuai dengan di dunia kerja, sehingga kami peserta prakerin dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapat secara maksimal.
b. Pemberian informasi serta gambaran mengenai kondisi dan suasana di Industri, kepada siswa yang akan melaksanakan Prakerin hendaknya diperluas lagi mengingat beragamnya dunia industri.
c. Sekolah hendaknya melakukan monitoring terhadap siswa yang melakukan Prakerin lebih sering lagi guna mengetahui secara langsung kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dalam menghadapi Prakerin.
d. Para guru teori dalam setiap penyampaian materi pelajaran, hendaknya di praktikkan system kerja langsung, sehingga memberi kematangan pada siswa dalam praktik kerja.
e. Pemberian tugas sekolah semasa prakerin di mohon untuk bisa di kondisikan sehingga tidak membebani siswa yang sedang melaksanakan prakerin.
a. Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang sesuai dengan di dunia kerja, sehingga kami peserta prakerin dapat mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapat secara maksimal.
b. Pemberian informasi serta gambaran mengenai kondisi dan suasana di Industri, kepada siswa yang akan melaksanakan Prakerin hendaknya diperluas lagi mengingat beragamnya dunia industri.
c. Sekolah hendaknya melakukan monitoring terhadap siswa yang melakukan Prakerin lebih sering lagi guna mengetahui secara langsung kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dalam menghadapi Prakerin.
d. Para guru teori dalam setiap penyampaian materi pelajaran, hendaknya di praktikkan system kerja langsung, sehingga memberi kematangan pada siswa dalam praktik kerja.
e. Pemberian tugas sekolah semasa prakerin di mohon untuk bisa di kondisikan sehingga tidak membebani siswa yang sedang melaksanakan prakerin.
Demikian kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh
penulis kepada pihak sekolah maupun pihak instansi/DUDI. Penulis mengucapkan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu
atas kelancaran dalam penyusunan karya tulis ini, khususnya kepada pihak
sekolah yang selama ini telah mendidik dan membimbing penulis, serta
kepada pihak instansi/DUDI yang telah memberikan kesempatan Prakerin bagi
penulis yang merupakan pengalaman berharga.
Contoh Laporan Praktik Kerja Lapangan SMK LENGKAP
Reviewed by Lilis Mardiana
on
May 18, 2018
Rating:
Bagus gan tapi kalau bisa suara musicnya jangan terlalu besar karena mengganggu saat membaca,BTW makasih blognya
ReplyDeleteSenang bisa membantu \(>.<)/ untuk musik bisa di sesuaikan dengan volume ya, bisa di kecilin atau di matiin sekalian kalo menggangu thx :))
Deletejadi begitu cara buat kalimat penutup
ReplyDeleteYa nggak harus begitu, tapi ya bisa juga seperti itu :)
DeleteThank u kakaa
ReplyDeleteSenang bisa membantu \(^^)/ makasih kembali :))
DeleteMakasih berkat artikel ini saya mulai paham untuk membuat laporan prakerin
ReplyDeleteMakasih kembali, senang bisa membantu :))
DeleteGood job.
ReplyDeleteSemoga bermanfaat :))
Deletegua copy wkwk tapi gak semua juga haha
ReplyDeleteIzin di persilahkan :))
DeleteSangat membantu kaa..
ReplyDeleteMakasii
Makasih kembali :))
Deletelampirannya mana:(
ReplyDeleteTidak di publikasikan 🤧
DeleteContoh Laporan keuanganya mana kak? Ditaruh awal? Tengah? Apa akhir?
ReplyDeleteAku gak ada contoh karena di laporanku emang nggak ada tetang laporan keuangan :)) mungkin bisa kamu modifikasi sendiri
DeleteTerimakasih sudah sangat membantu 🙏
ReplyDeleteTerimakasih kembali, senang bisa membantu :)
Deleteterimakasih kak, izin copy sebagian ya
ReplyDeleteMakasih kembali, izin dipersilahkan ^^
DeleteKak itu bagian kesimpulan nya kata²sudah baku?
DeleteKalo menurutku ya kalimatnya udah formal sih
Delete