Contoh Laporan Praktik Kerja Lapangan SMK LENGKAP

LAPORAN PRAKERIN LENGKAP

*Semoga post kali ini bisa membantu sobat deul yang lagi cari info untuk pembuatan laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) untuk SMK khususnya yg jurusan akuntansi tpi nggak menutup kemungkinan bakal berguna juga kok bagi yang jurusan lain.  Btw, ini laporan asli jadi NO SENSOR, masih ada nama nama yang mungkin iligal untuk dipublikasikan :'v...... Sipp selamat membaca :)

N.B : untuk bagian COVER & LEMBAR PENGESAHAN AKU SKIP :)


PERSEMBAHAN

Atas tersusunya laporan Praktik Kerja Lapangan ini, saya panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT.
Karya kecil ini saya persembahkan untuk :
Ø  Yang Terhormat Kepala SMK Negeri 1 Purwodadi, Bapak Sukamto, S.Pd, M.M
Ø  Yang Terhormat Ketua Kompetensi Keahlian Akuntansi, Ibu Endah Tri Wahyuni, S.Pd
Ø  Yang Terhormat pembimbing PKL Kami, Ibu Puji Astuti, S.Pd
Ø  Yang Tercinta, dan yang paling utama kedua orang tua
Ø  Yang terhormat kepada seluruh Tenaga Pendidik dan Kependidikan SMK Negeri 1 Purwodadi
Ø  Dan seluruh teman serta semua orang yang terlibat dalam pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan saya serta dalam pembuatan laporan ini.

Demikian persembahan yang dapat penulis sampaikan pada kesempatan kali ini, terimakasih sekali lagi kepada semua orang yang telah membantu saya dalam menjalani Praktik Kerja Lapangan maupun dalam pembuatan laporan.




MOTTO


Ø  Kebijakan dan kebajikan merupakan perisai terbaik untuk hidup.
Ø  Hadir terlambat memang lebih baik dari pada tidak hadir sama sekali tetapi bila berkali-kali adalah suatu kecerobohan.
Ø  Janganlah larut dalam satu kesedihan karena masih ada hari esok yang menyongsong dengan sejuta kebahagiaan.
Ø  Sejarah bukan hanya rangkaian cerita, ada banyak pelajaran, kebanggan dan harta didalamnya.
Ø  Apabila anda berbuat kebaikan kepada orang lain, maka anda telah berbuat baik terhadap diri sendiri.
Ø  Lihatlah keatas untuk menjadi lebih baik, lihatlah kebawah untuk belajar mengucap syukur.
Ø  Berusahalah jangan sampai terlengah walau sedetik saja, karena atas kelengahan kita tak akan bisa dikembalikan seperti semula.
Ø  Kebaikan tidak bernilai selama diucapkan akan tetapi bernilai sesudah dikerjakan.
Ø  Manusia tak selamanya benar dan tak selamanya salah, kecuali ia yang selalu mengoreksi diri dan membenarkan kebenaran orang lain atas kekeliruan diri sendiri.
Ø  Siapa yang kalah dengan senyum, dialah pemenangnya.




KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan dapat menyusun laporan ini dengan baik guna memenuhi kelengkapan bukti belajar (evidence).
Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini dapat disusun dengan baik berkat bantuan dari pihak-pihak yang telah memberikan bimbingan dan dukungan sebagai bahan masukan untuk kami.Untuk itu pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :
    1. Sukamto, S.Pd, M.M sebagai Kepala SMK Negeri 1 Purwodadi yang telah memberi kesempatan pada kami untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).
   2. Satgas PKL, K3 dan semua pihak yang telah mempersiapkan administrasi, tempat PKL, serta memberikan pembekalan kepada peserta PKL.
    3. Dr. Ir, Mohamad Sumarsono, M.Si sebagai Kepala Sekretariat Daerah yang telah memberikan ijin pada kami untuk melaksanakan PKL.
     4. Puji Astuti, SPdsebagai Guru pembimbing pesertaPKL dan pembimbing penulisan laporan kegiatan di SMK Negeri 1 Purwodadi
  5. Semua pihak yang telah membantu baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL)dapat terselesaikan.
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dan kekeliruan dalam penulisan laporan ini.Untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca.Akhirnya penulis mengucapkan terimakasih atas segala dukungan dan bantuan sehingga laporan ini dapat tersusun dengan baik.


Purwodadi, 28 April 2018


Penulis



DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL........................................................................................... 1
HALAMAN PENGESAHAN
............................................................................ 2
PERSEMBAHAN
............................................................................................... 3
MOTTO
    ............................................................................................................ 4
KATA PENGANTAR
........................................................................................ 5
DAFTAR ISI
............................................................................................... ........ 6
BABI
         PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan................................... 7
B.     Tujuan Praktik Kerja Lapangan................................................ 8
C.     Manfaat Praktik Kerja Lapangan.............................................. 9
D.    Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan.............................10
BAB II       GAMBARAN UMUM
A.    Sejarah........................................................................................11
B.     Visi dan Misi..............................................................................12
C.     Susunan Organisasi....................................................................12
D.    Kegiatan yang dilaksanakan......................................................13
BAB III     LAPORANPRAKTIK KERJA LAPANGAN
A.    Pelaksanaan Kegiatan ...............................................................14
B.     Hasil Kegiatan...........................................................................16
C.     Daftar Hadir Peserta..................................................................16
D.    Tata Tertib Peserta....................................................................17
BAB IV     PENUTUP
A.    Kesimpulan...............................................................................18
B.     Saran.........................................................................................18
LAMPIRAN
1. Lampiran Pendukung
2. Foto-foto Kegiatan
3. Biodata Peserta Praktik Kerja Lapangan




BABI
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Praktik Kerja Lapangan
Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap peserta didik sebagai hasil dari sinergi antara pendidikan yang berlangsung di sekolah, keluarga dan masyarakat. Proses tersebut memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan untuk kehidupan dirinya dan kehidupan bermasyarakat pada umumnya, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia.
Guna merealisasikan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, setiap satuan pendidikan melakukan penyusunan program pembelajaran. Program pembelajaran dapat berlangsung di sekolah, di lingkungan keluarga, dan di masyarakat. Program pembelajaran yang diprogramkan secara khusus untuk diselenggarakan di masyarakat antara lain berupa Praktik Kerja Lapangan (PKL).Program PKL disusun bersama antara sekolah dan masyarakat (Institusi Pasangan/Industri) dalam rangka memenuhi kebutuhan peserta didik, sekaligus merupakan wahana berkontribusi bagi dunia kerja (DU/DI/Instansi) terhadap upaya pengembangan pendidikan di SMK.
Konsep di atas berdasarkan landasan hukum Permendikbud No 60 tahun 2014 lampiran 1 a. III. B (point i sampai dengan l).
·         Praktik Kerja Lapangan dapat dilaksanakan menggunakan sistem blok selama setengah semester (sekitar 3 bulan); dapat pula dengan cara masuk 3 hari dalam seminggu, setiap hari 8 jam selama 1 semester.
·         Pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran kelompok A dan B dapat dilakukan di satuan pendidikan dan/atau industri (terintegrasi dengan Praktik Kerja Lapangan) dengan Portofolio sebagai instrumen utama penilaian.
·         SMK/MAK menyelenggarakan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) bersama dengan institusi pasangan, yang memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui bekerja langsung di institusi pasangan, terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional tertentu.
·         Khusus untuk Madrasah Aliyah Kejuruan struktur kurikulum dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang diatur oleh Kementerian Agama.
Kegiatan praktek kerja merupakan kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa melalui kegiatan praktek kerja secara langsung di dunia kerja sesuai dengan program studi tertentu untuk mencapai keahlian kerja sebagai bekal untuk bekerja secara profesional.
   Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka diterapakan suatu sistem pendidikan yang dikenal dengan istilah “Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN)”.Atau disebut juga dengan
“Pendidikan Sistem Ganda (PSG)”. Sistem ini merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional  yang memadukan secara sistematis program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian melalui kegiatan bekerja secara langsung dan terarah untuk mencapai tingkat keahlian profesional tertentu.
   Keahlian profesional hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi yang ada dalam dunia kerja.Sehubungan dengan itu, maka siswa SMK Negeri 1 Purwodadi pada jenjang tertentu diwajibkan mengikuti kegiatan praktek kerja lapangan secara langsung.

B.     Tujuan Praktik Kerja Lapangan
Tujuan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di SMK Negeri 1 Purwodadi antara lain sebagai berikut.
1.       Mengaktualisasikan model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMK dan Institusi Pasangan (DU/DI/ Instansi) yang memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di sekolah (SMK) dan program latihan penguasaan keahlian di dunia kerja (DU/DI/Instansi).
2.       Membagi topik-topik pembelajaran dari Program Dasar yang dapat dilaksanakan di sekolah (SMK) dan yang dapat dilaksanakan di Institusi Pasangan (DU/DI/Instansi) sesuai dengan sumber daya yang tersedia di masing-masing pihak.
3.       Memberikan pengalaman kerja langsung (real) kepada peserta didik dalam rangka menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.
4.       Menanamkan etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja dalam menghadapi tuntutan pasar kerja global.

C.     Manfaat Praktik Kerja Lapangan
Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki manfaat, demikian pula dengan kegiatan praktek kerja lapangan yang telah selesai dilaksanakan. Adapun manfaat dari kegiatan praktek kerja lapangan yang telah penulis laksanakan adalah sebagai berikut:
1.      Manfaat untuk siswa
a.       Mendapatkan pengetahuan tentang dunia kerja yang sesungguhnya, sehingga tidak canggung lagi bila memasuki dunia kerja nantinya.
b.      Dapat mempraktekkan teori yang sudah diajarkan di sekolah.
c.       Mendapatkan pengalaman baru, yang belum pernah didapatkan di sekolah.
d.      Belajar beradaptasi, dan berkomunikasi, dengan sekelompok orang yang sudah memiliki pengalaman bekerja.
2.      Manfaat untuk sekolah
a.       Mempererat silaturohim dengan perusahanaan/ instansi tempat siswa PKL.
b.      Meningkatkan kuwalitas dan mutu sekolahan dengan bekerjasama dengan perusahaan/ instansi lain.
c.       Mengenalkan siswa dengan dunia kerja, sehingga siswa dapat menerapkan teori yang diberikan disekolah.
3.      Manfaat untuk Instansi/DUDI
a.       Memperat silaturohim dengan berbagai sekolah.
b.      Mempermudah pekerjaan kantor, dengan adanya siswa yang PKL di perusahaan/ instansi tertentu, tentu dapat mempermudah pekerjaan.
c.       Mepermudah dalam mencari bibit- bibit pekerja.
D.    Waktu Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan
Waktu pelaksanaan  PKL adalah 90 hari, dimulai sejak tanggal 29 Januari s/d      28 April 2018.Waktu 90 hari adalah waktu yang cukup bagi kami untuk belajar dan mengenal dunia kerja.  
Kami ditempatkan di Pemerintah Kabupaten Grobogan Sekretariat Daerah terletak di     Jl. Gatot Subroto No. 6



BAB II
GAMBARAN UMUM
A.    Sejarah Instansi/DUDI
Sejarah pemerintah daerah di republik Indonesia tidaklah berusia pendek. Lebih dari setengah abad lembaga pemerintahan lokal ini telah mengisi perjalanan bangsa. Dari waktu ke waktu pemerintah daerah telah mengalami perubahan bentuknya. Setidaknya ada tujuh tahapan hingga bentuk pemerintahan daerah seperti sekarang ini (2009). Pembagian tahapan ini didasarkan pada masa berlakunya undang-undang yang mengatur pemerintahan lokal secara umum. Tiap-tiap periode pemerintahan daerah memiliki bentuk dan susunan yang berbeda-beda berdasarkan aturan umum yang di tetapkan memalui undang-undang. Patut juga dicatat bahwa konstitusi yang digunakan juga turut mempengaruhi corak dari undang undang yang mengatur pemerintahan daerah. Dalam artikel ini tidak semua hal yang ada dalam pemerintahan daerah di kemukakan. Dalam artikel ini akan di bahas mengenai susunan daerah otonom dan pemegang kekuasan pemerintahan daerah di bidang legislatif dan eksekuitif serta beberapa kejadian yang khas untuk masing masing periode pemerinntahan daerah
Periode VII (mulai 2004)
Pada periode ini berlaku undang undang no. 32 th 2004 tentang pemerintahan daerah. Undang undang ini mennggantikan undang undang no. 22 th 1999. Menurut undang undang ini Indonesia di bagi menjadi satu jenis daerah otonom dengan lerincian negara kesatuan republic Indonesia di bagi atas daerah daerah provinsi dan daerah provinsi itu di bagi atas daerah kabupaten dan daerah kota. Selain itu negara mengakui kekhususan dan keistimewaan yang ada pada 4 daerah yaitu Aceh, Jakarta, Papua dan Jojakarta. Negara juga mengakui dan menghormati kesatua kesatuan hukum adat (desa atau nama lain) beserta hak tradisionalya sepanjang masih hidup dan sesuai perkembangan masyarakat dan prinsip negara kesatuan
Tingkat II kabupaten kota
Undang undang menentukan bahwa pemerintahan local menggunakan nomenklatur “pemerintahan daerah” adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan DPRD menurut azas otonomi dn tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas luasnnya dalam sistim dan prinsip kesatuan republic inndonesia sebagaimana yang di maksud dalam undang undang dasar negara republic Indonesia th 1945.

B. Visi dan Misi Instansi/DUDI
1.      Visi Instansi/DUDI
Visi sekretariat daerah kabupaten grobogan adalah :
“Terwujudnya masyarakat kabupaten grobogan yang sejahtera secara utuh dan menyeluruh”

2.    Misi Instansi/DUDI
1. Membangun dan meningkatkan infrastruktur jembatan-jembatan, perhubungan, perumahan-perumahan dan sumber daya air.
2. Meningkatakan produktivitas pertanian dan ketahanan pangan.
  3. Pengembangan ekonomi kerakyatan bidang UMKM. Industry, perdagangan, koperasi     dan periwisata.
4. Peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan pemberdayaan masyarakat, keolahragaan, kepemudaan, KB dan pelayanan sosial dasar lainnya.
5. Mewujudkan iklim investasi yang kondusif dan peningkatan penyerapan tenaga kerja.
6. Meningkatan kualitas sumber daya aparatur, tata kelola pemerintahan daerah yang akuntabel dan kualitas pelayanan public.
7. Meningkatan kelestarian sumber daya alam, lingkungan hidup dan kualitas penataan ruang.
8. Meningatkan penghayatan nilai-nilai keagamaan dan pelestarian budaya masyarakat.
9. Meningkatkan pemerataan pendapatan, pembangunan antar wilayah, kesetaraan gender, perlindungan anak dan penanggulangan kemiskinan.

C.     Susunan Organisasi Instansi/DUDI
       Terlampir

D.    Kegiatan yang dilaksanakan Instansi/DUDI
a. Bagian Hukum & HAM
1. Penyediaan sarana dan prasarana sistem informasi hukum
2. Sosialisasi peraturan perundang-undangan
3. Penyelarasan rancangan peraturan bupati dann keputusan bupati

b. Bagian Administrasi Pimpinan
1. Pengelolaan administrasi kantor pimpinan
2. Bimbingan teknis peningkatan kapasitas pengelola administrasi pimpinan

c. Bagian Pemerintahan Desa
1. Pembinaan dan fasilitasi pengelolaan keuangan desa
2. Program peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan  desa

d. bagian Tata Pemerintahan
1. Kegiatan penyusunan LKPJ Bupati Kabupaten Grobogan 2016
2. Kegiatan penyusunan LPPD dan ringkasan LPPD tahun 2016
3. Kegiatan pelaksanaan sewa asset pemkab Eks. Bondo Desa di kelurahan 

e. Bagian Umum
1. Program pelayanan Administrasi Perkantoran
2. Penyediaan Jasa Komunikasi, sumber daya air dan listrik 

f. Bagian Kesejahteraan Rakyat
1. Fasilitasi pembinaan kegiatan islami
2 Penyelenggara kegiatan keagamaan dan kesejahteraan masyarakat
3. Peningkatan SDM pengelolaan hibah dann bansos

g. Bagian Pembangunan
1. Program pengaturan jasa kontruksi
2. Pembinaan tim pengelola kegiatan pengadaan barang/jasa di desa
3. Pengelolaan aplikasi TERPA kab. Grobogan


h. Bagian Perekonomian
1. Peningkatan koordinasi bidang produksi dan sumber daya alam
2. Penunjang program penghematan energi dan air


i. Bagian Keuangan
1. Penyusunan pelaporan keuangan semesteran dan progonis relisasi anggaran
2. Penyusunan Laporan Keuangan Akhir SKPD Tahun
3. Pengelolaan Administrasi dan Pelaporan Keuangan
BAB III
LAPORANPRAKTIK KERJA LAPANGAN

A.    Pelaksanaan Kegiatan
NO
HARI/
TANGGAL
WAKTU
KEGIATAN
KETERANGAN
1
Senin , 28 Januari 2018
07.15 – 14.15
Penghantaran ke Sekertariat Daerah
Siswa di hantar oleh pembiming yan pertama kali untuk melakukan PKL
2
Selasa, 30 Januari – Sabtu, 3 Febuari 2018
07.15-14.15
- Disposisi Surat
- Fotocopy & stempel surat
- Arsip Surat
-
3
Senin, 5 Febuari – Sabtu, 10 Febuari 2018
07.15-14.15
- Meminta No. Bon
- Meminta No.SPPD
- Menyusun Bukti Dinas Luar
- Mengisi SK
-
4
Senin, 12 Febuari – Sabtu, 17 Febuari 2018
07.15-14.15
- Mengantarkan Asman
- Meminta TTD Asisten Administrasi
- Membuat Surat
-
5
Senin, 19 Febuari – Sabtu, 24 Febuari 2018
07.15-14.15
- Meminta No. Surat
- Mengarsip surat
- Mendampingi Rapat
- Mengecek Bukti Pajak
-
6
Senin, 26 Febuari – Sabtu, 3 Maret 2018
07.15-14.15
- Mengedarkan Surat
- Menabungkan uang di BPD
- Menomori Surat Nota Dinas
- Menaikan Asman
-
7
Senin, 5 Maret – Sabtu, 10 Maret 2018
07.15-14.15
- Mengelompokkan SPJ
- Mengambil Revisi Asman
- Menyetempel SK
-
8
Senin, 12 Maret – Sabtu, 17 Maret 2018
07.15-14.15
- Mendisposisi Surat
- Mengedarkan Surat
- Menomori SPPD
- Mengecek Bukti Pajak
-
9
Senin, 19 Maret – Sabtu, 24 maret 2018
07.15-14.15
- Membuat Bagan Bagian
- Mengarsip Surat
- Fotocopy
- Mendisposisi Surat
-
10
Senin, 26 Maret – Sabtu, 31 Maret 2018
07.15-14.15
- Meminta No. Bon
- Meminta No.SPPD
- Menyusun Bukti Perjalanan Dinas
- Mengisi SK
-
11
Senin, 2 April – Sabtu, 7 April 2018
07.15-14.15
- Mengarsip Surat
- Mengelompokkan Bukti Pajak
- Meminta Dispo dari Bupati
- Mengantarkan Surat
-
12
Senin, 9 April – Sabtu, 14 April 2018
07.15-14.15
- Mendampingi Dinas Luar
- Mengantarkan Asman
- Fotocopy
- Membayar pajak di BPD
-
13
Senin, 16 April – Sabtu, 21 April 2018
07.15-14.15
- Meminta No. Surat
- Mengarsip surat
- Mendampingi Rapat
- Mengecek Bukti Pajak
-
14
Senin, 23 April – Jum’at, 27 April 2018
07.15-14.15
- Mendisposisi Surat
- Mengedarkan Surat
- Menomori Surat Nota Dinas
- Menomori Surat Perintah Dan SPPD
-
15
Sabtu, 28 April 2018
07.15-14.15
Penarikan Siswa Dari Tempat Dunia Industri / Instansi
-
B.       Hasil Kegiatan
1.      Faktor pendukung
Yang sangat mendukung dalam dunia instansi di SETDA adalah kerjasama antara karayawan satu dengan karyawan yang lain dan bagian satu dengan yang lain sangatlah erat sekali. Dan kebiasaan yang sangat baik di lingkungan SETDA adalah apel setiap pagi hari walaupun itu hal yang sederhana tetapi hal tersebut juga dapat meningkatkan kedisiplinan dalam bekerja dan ketepatan waktu untuk bekerja.

2.      Faktor Penghambat
Terpaku pada pekerjaan yang akan datang sebelum menyelesaikan yang sedang berjalan
Mengendalikan antusias itu penting. Begitu mendapatkan berita baik didepan, banyak orang yang melupakan tugas yang sedang dikerjakan sampai terbengkalai. Tetapi menyelesaikan apa yang perlu di selesaikan terlebih dahulu akan lebih baik. Sabar dapat menjadi kata kunci dalam mengendalikan antusias.
              Kegagalan dalam menyelesaikan tugas
Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Tetapi kegagalan tanpa ada rasa untuk berubah dan memperbaiki akan lebih fatal akibatnya. Kegagalan yang berulang-ulang membuktikan kurangnya disiplin dalam berkerja. Hal tersebut tidak hanya dalam individu saja tetapi juga sebagai group maupun perusahaan.

3.      Pengembangan di Masyarakat
Di Sekertariatan daerah banyak sekali bagian yang menagani pelayanan langsung masyarakat. Contohnya di bagian Kesejahteraan rakyat. Pelayanan yang di lakukan disana biasanya mengenai  bidang ke agamaan seperti bantuan untuk melakukan kegiatan serti pengajian dan disana baiasanya juga menyiapan sambutan- sambutan untuk bupati ketika akan menghadiri acara yang berhubungan dengan kesejahteraan rakyat.
C.     Daftar Hadir Peserta
Terlampir
D.    Tata Tertib Peserta
1.      Peseta Didik wajib
a.       Mengetahui peraturan yang berlaku dalam lembaga praktik.
b.      Berada di tempat praktik 15 menit sebelum praktik dimulai , berlaku sopan serta jujur , bertanggung jawab , berisiatif dan kreatif terhadap tugas –tugas yang di berikan.
c.       Mengenakan pakaian seragam sekolah atau pakaian yang ditetapkan oleh Dunia usaha / Instansi.
d.      Memberi salam pada waktu datang dan mohon diri pada wakru pulang .
e.       Memebritahu kepada pemimpin unit / pembimbing praktik jika berhalanagn hadir atau bermaksud meninggalan tempata praktik.
f.       Membicarakan dengan segera kepada guru pembimbing ketua kelompok atau petugas yang ditinjuk apabila mengalami kesulitan.
g.      Menaati peraturan dalam penggunaan alat dan bahan yang dipakai praktik kerja.
h.      Melporkan dengan segera kepada oetugas yang berwenang apabila terjadi kerusakan atau salah mengambil alat atau bahan.
i.        Membersihkan dan mengatur kembali peralatan dengan rapi seperti semula apabila akan meninggalakn tempat.
j.        Menerima dan mengisi serta menyerahakn agenda harian.

2.        Peserta didik dilarang
a.       Merokok di tenpat praktik
b.      Menerim tamu pribadi pada waktu praktik
c.       Menggunakan pesawat telepon perusahaan / tempat praktik tanpa seijin petugas.
d.      Pindah tempat kegiatan kecuali atas perintah yang berwenang dalam mengatur penempatan kegiatan praktik.
e.       Khusus untuk peserta Didik permpuan, dialrang:
1.      Memakai pakaian yang tidak sesuai dengan budaya kerja setempat.
2.      Memakai perhiasan mencolok
3.      Memakai tata rias mka yang kurag sesuai dengan situasi dan kondisi setempat.
BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.         Kegiatan Prakerin ini sangat bermanfaat bagi kami untuk mempunyai sikap mandiri dan mampu berintekrasi dengan orang lain sehingga kami dapat memiliki keterampilan serta wawasan yang tinggi.
2.         Prakerin merupakan kegiatan di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan masyarakat atau  instansi pemerintah atau swasta, sehingga kami dapat berlatih untuk mampu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat luar.
3.         Prakerin dapat menjadi penunjang siswa – siswi untuk menjadi tenaga kerja menengah yang ahli dan profesional untuk menjadi bekal dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telah diperoleh selama prakerin.
4.         Kegiatan Prakerin membuat kami memahami bahwa pembelajaran akuntansi dan administrasi merupakan kecakapan teknis untuk membantu perkembangan suatu perusahaan atau instansi

B.     Saran
Beberapa hal yang kami temukan di lapangan saat pelaksaan  prakerin yang sebagian kecil  justru tidak kami temukan saat mengikuti pembelajaran di kelas. Beberapa saran yang hendak penyusun sampaikan diharapkan dapat membantu proses evaluasi dan sebagai bahan acuan bagi pelaksanaan Prakerin untuk masa-masa yang akan datang. Selain itu, saran-saran ini merupakan suatu wujud kepedulian penyusun terhadap kemajuan dunia pendidikan.Terkait dengan ini kami ajukan beberapa saran antara lain :
1.      Saran untuk Pihak Instansi/DUDI
a. Untuk menjaga terjalinnya hubungan baik antara pihak industri denganpihak sekolah,  maka diharapkan untuk masa-masa yang akan datang pihak industri dapat menerima kembali siswa-siswi yang akan melaksanakan Prakerindari dunia pendidikan, khususnya siswa-siswi SMK Negeri 1 Purwodadi dengan tangan terbuka, karena dengan hubungan baik ini sangat diharapkan keberadaannya di dunia pendidikan, khususnya pendidikan kejuruan.

b. Dalam melaksanakan Prakerin hendaknya pihak industri memberikansuatu target atau hal-hal yang harus dikuasai dalam pelaksanaan Prakerin.

c. Diharapkan pihak industri memiliki bagian khusus yang menangani siswayang sedang melaksanakan Prakerin sehingga keberadaannya lebih terbinadan terkontrol dengan baik.

d. Diadakannya kerjasama antara pihak industri dengan pihak sekolah,karena hal ini dapat membantu proses kegiatan siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan aplikasi pelajaran yang telah didapatkan disekolah.

e. Pihak industri sebaiknya mengadakan evaluasi berkala mengenai kemajuan yang telah dicapai oleh siswa Prakerin.
2.      Saran untuk Pihak Sekolah
a. Sekolah perlu memberikan penekanan pada penguasaan keterampilan yang sesuai dengan di dunia kerja, sehingga kami peserta prakerin dapat  mengaplikasikan ilmu dan keterampilan yang didapat secara maksimal.

b. Pemberian informasi serta gambaran mengenai kondisi dan suasana di Industri, kepada siswa yang akan melaksanakan Prakerin hendaknya diperluas lagi mengingat beragamnya dunia industri.

c. Sekolah hendaknya  melakukan monitoring terhadap siswa yang melakukan Prakerin lebih sering lagi guna mengetahui secara langsung kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dalam menghadapi Prakerin.

d. Para guru teori dalam setiap penyampaian materi pelajaran, hendaknya di praktikkan system kerja langsung, sehingga memberi kematangan pada siswa dalam praktik kerja.

e. Pemberian tugas sekolah semasa prakerin di mohon untuk bisa di kondisikan sehingga tidak membebani siswa yang sedang melaksanakan prakerin.
Demikian kesimpulan dan saran yang dapat diberikan oleh penulis kepada pihak sekolah maupun pihak instansi/DUDI. Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu atas kelancaran dalam penyusunan karya tulis ini, khususnya kepada pihak sekolah yang selama ini telah mendidik dan membimbing penulis, serta kepada pihak instansi/DUDI yang telah memberikan kesempatan Prakerin bagi penulis yang merupakan pengalaman berharga.
Contoh Laporan Praktik Kerja Lapangan SMK LENGKAP Contoh Laporan Praktik Kerja Lapangan SMK LENGKAP Reviewed by Lilis Mardiana on May 18, 2018 Rating: 5

24 comments:

  1. Bagus gan tapi kalau bisa suara musicnya jangan terlalu besar karena mengganggu saat membaca,BTW makasih blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa membantu \(>.<)/ untuk musik bisa di sesuaikan dengan volume ya, bisa di kecilin atau di matiin sekalian kalo menggangu thx :))

      Delete
  2. jadi begitu cara buat kalimat penutup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nggak harus begitu, tapi ya bisa juga seperti itu :)

      Delete
  3. Replies
    1. Senang bisa membantu \(^^)/ makasih kembali :))

      Delete
  4. Makasih berkat artikel ini saya mulai paham untuk membuat laporan prakerin

    ReplyDelete
  5. gua copy wkwk tapi gak semua juga haha

    ReplyDelete
  6. Contoh Laporan keuanganya mana kak? Ditaruh awal? Tengah? Apa akhir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak ada contoh karena di laporanku emang nggak ada tetang laporan keuangan :)) mungkin bisa kamu modifikasi sendiri

      Delete
  7. Terimakasih sudah sangat membantu 🙏

    ReplyDelete
  8. terimakasih kak, izin copy sebagian ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kembali, izin dipersilahkan ^^

      Delete
    2. Kak itu bagian kesimpulan nya kata²sudah baku?

      Delete
    3. Kalo menurutku ya kalimatnya udah formal sih

      Delete

Berkomentar itu memang sulit :" Terima Kasih!

loading...
Powered by Blogger.