Instrumen Pasar Uang dan Pasar Modal

Pasar Uang dan Pasar Modal


Instrumen Pasar Uang
      1.  Interbank Call Money
Kredit atau pinjaman yang harus segera dilunasi/dibayar apabila sudah ada tagihan atau panggilan dari pihak pemberi dana (kreditor)

     
      2. Sertifikat Bank Indonesia
Sertifikat bank indonesia merupakan surat berharga yang diterbitkan oleh bank sentral sebagai pengakuan utang berjangka waktu pendek (1 -3 bulan) dengan sistem diskonto/bunga

      3.  Sertifikat Deposito
Sertifikat Deposito merupakan Instrumen yang dikeluarkan oleh bank dan lembaga keuangan lainnya kepada investor yang berfungsi sebagai pertukaran peminjaman uang institusi untuk masa waktu yang telah ditentukan.

      
      4.  Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)
Surat Berharga Pasar Uang merupakan surat berharga yang berfungsi sebagai salah satu alat untuk melakukan operasi terbuka dalam rangka ikut menstabilkan nilai rupiah.

       5. Banker’s Acceptance
Banker’s Acceptance merupakan wesel bank yang diberikan cap dengan kata-kata accepted dan dapat diperjualbelikan di pasar uang sebagai salah satu sumber dana jangka pendek.


      6.  Commercial Paper
Commercial Paper merupakan merupakan promes yang tidak disertai jaminan, yang diterbitkan oleh suatu perusahaan untuk memperoleh danajangka pendek dan dijual kepada investor di pasar uang

    
      7.   Treasury Bills
Treasury Bills merupakan instrumen pasar modal yang diterbitkan oleh Bank Sentral dengan jangka waktu paling lama 1 tahun .

      8.  Repurchase Agreement
Repurchase Agreement merupakan bentuk surat berharga yang juga dapat diperjualbelikan dengan suatu perjanjian tertulis bahwa penjual  akan membeli kembali surat surat berharga tersebut.

      9.  Foreign Exchange Market
Foreign Exchange Market merupakan pasar dimana transaksi valuta asing dilakukan baik antar negara maupun dalam suatu negara.




Instrumen Pasar Modal
      1.  Saham
Saham merupakan surat berharga yang bersifat kepemilian

2.      Obligasi
Obligasi merupakan instrumen utang bagi perusahaan yang hendak memperoleh modal, keuntungan, dan membeli obligasi diwujudkan dalam bentuk kupon.
Instrumen Pasar Uang dan Pasar Modal Instrumen Pasar Uang dan Pasar Modal Reviewed by Lilis Mardiana on March 04, 2018 Rating: 5

No comments:

Berkomentar itu memang sulit :" Terima Kasih!

loading...
Powered by Blogger.