Pengalaman PKL SMK di Setda Part 1

Pengalaman Yang Pastinya Tak Akan Terlupakan
ni gambar aku hasil dari google map 🙈🙈

Hello sobatdeullllllll,,, akhirnya aku comeback!!!!!!!!
Aku dah lama membiarkan blog yang sepi ini terbengkalai T_T ,, Maklumlah aku selama 3 bulan ini melaksanakan kegiatan prakerin/PKL/OJT di setda kab.Grobogan *btw ini no sensor*.  Sebenernya kalau sedang PKL itu waktu luang kita lebih banyak dari pada saat sekolah. Tapi karena akunya yang males , jadi terbengkalailah ni blog :’v . Aku dari awal sebelum PKL udah membuat rencana buat aku tulis semua pengalaman aku PKL di blog. Jadi Jangan bosen bosen buat baca. Karena saking panjangnya aku cerita aku mau buat menjadi 2 part, jadi LETS READ IT!!!!!!
Pada kesempatan kali ini aku mau bahas pengalaman aku saat PKL di SETDA Kab.Grobogan Bagian Keuangan.
lagi lagi foto dari google map :')
*sebelum lanjut, aku mau kasih peringatan kalo apa yang aku omongin disini adalah murni pendapat pribadi dari otak dangkal ku ini, jadi ku harap tidak menyinggung siapapun dan tidak menimbulkan keresahan masyarakat (?)*
Lanjut......
-AWAL AWAL PKL-
Langsung aja yah ku mulai dari saat hari pertama PKL.
Hari pertama PKL aku disuruh...... nunggu nunggu nunggu nunggguuuuuuu selama 5 jam
Karena pada waktu penyerahan itu, kami (6 orang) masih harus di bagi dulu perbagian. Jadi setiap orang itu dapat bagian yang berbeda beda. Dan kebetulan itu, orang yang berhak membagi kita itu sedang rapat, jadi kita harus nunggu dulu sampai beliau selesai rapat.
Dan yang paling menyebalkan itu, setelah bener bener di tunggu eh samapi jam pulang kantor rapatnya belum selesai juga *perasaanku ihhh udah pengen nyelupin kepala ke bak mandi*
Akhirnya kita disuruh pulang dulu dan kembali keesokan harinya untuk menunggu sebuah kepastian *jhahaha
 
Penantian yang panjang 😔
Lalu Keesokan harinya.....
Masih sama sob.......*ku merasa pengen protes + demo sambil bawa masa se Rt* #hanya ekspetasi
Kita masih harus menunggu di tempat yang sama dan dengan waktu yang tidak kalah lama juga T_T...  ya nggak lama lama banget sih seingetku itu kalo gak salah 2,5 jam an lah.....
Dan Akhirnya penantian kami gak sia sia sob, kita satu persatu mulai di tempatkan di bagian bagian yang berbeda.
________________________
IKLAN *iklan macam apa ini *
Kesan pertama yang aku liat di setda adalah... orangnya pada sibuk... telpon berdering mulu... orang orang kalo pada jalan itu pada cepet cepet kaya orang yang ketinggalan bis, terus orang orangnya kan pada super sibuk gitu jadi orang orangnya keliatan pelit senyum jadi agak ngeri gitu *ini kesan pertama loh yaaa
__________________________
Lanjut cerita lagi, Aku karena jurusanku akuntasi jadi aku di tempatkan di bagian keuangan.
Kalian tahu, hal pertama yang aku lakukan itu adalah MENCOBA SOK RAMAH GITU :’), aku masih inget banget. Kan aku datang ke ruangan terus di suruh salim satu persatu gitu sambil memperkenalkan diri dan yang aku ucapkan adalah
“Permisi, nama saya Lilis Mardiana dari SMKN 1 Purwodadi, anak PKL baru (?) “
Haha aku aja bingung kenapa aku harus nyebut “anak pkl baru” kurasa itu perkataan yang tidak perlu :’).

Terus habis itu aku dipersilahkan untuk duduk di sampingnya Bu Kudri.
Tempat yang aku tempati itu KOSONG.... gak ada apa apa, selembar kertaspun gak ada.
Aku yang notabennya anak pkl baru bisa apa???????, Cuma duduk sambil liat liat, mengamati, memandang, memperhatikan orang orang yang di bagian keuangan.

Mereka semua itu pada super sibuk juga. Jadi aku Cuma bisa memperhatikan mereka sambil menghafal nama mereka satu persatu *btw aku bisa langsung hafal loh, jadi keesokan harinya udah tau itu itu siapa
Sampai jam pulang kantor pun aku gak ngelakuin apa apa T_T, padahal temenku lainnya di tempat pkl yang berbeda udah pada mulai kerja gitu.

-KEGIATANKU SELAMA PKL-

Ruangan tempatku PKL
Lalu hari demi hari aku mulai di ajarin mendisposisi  dan mengarsip surat, entah itu surat masuk surat keluar, surat undangan, surat edaran, surat perintah, surat perjalaan dinas dan surat lain lain...
Ada juga, aku harus memberi nomor surat biasa, surat perintah dan surat sppd *disini aku baru sadar kalo surat itu ngasih nomor gak asal asalan ada prosedurnya gitu
Kegiatan ku selama PKL itu aku juga disuruh untuk meminta tanda tangan dari orang orang atasan si sekda, seperti TTD bapak Setda, bapak Asisten, Bu Kabag, dan lain lain.Pokoknya selama PKL itu kita harus bener bener menerapkan sopan santun. Karena entah mengapa kalau mau minta TTD itu kaya minta TTD nya bapak Presiden, harus lewat ajudannya dulu, nunggu berjam jam berhari hari baru turun tuh asman -_-
ini meja kerjaku, mulai ada isinya 🙈🙈
Aku selama PKL juga di haruskan untuk menggunakan telepon kantor. Waktu awal awal aku pake telepon itu aku grogi banget. Bingung mau ngomongnya gimana, klo ngangkat telpon apa yang harus di ucapkan, cari di google malah ribet kaya orang mau nge-MC *maklum lah aku anak akuntansi jadi gak pernah tau tentang itu
Akhirnya walau sepele aku tanya ke bu kudri, klo ngangkat telpon gimana, Bu kudri ngejelasin
“Halo selamat pagi, bagian keuangan” *Cuma gitu doang sob :’v
Sesekali aku juga memperhatikan mbak vina ngangkat telpon,,, jadi lama lama aku juga mulai terbiasa. Kalo udah ngangkat telpon aku kaya mbak mbak call center telkomsel :*
*NB : Cuma ngingetin aku adalah anak jurusan akuntansi, tpi saat aku PKL hampir semua perkerjaanku hampir perkerjaan anak administrasi perkantoran *ya iyalah wong tempat pkl ku aja di kantor -_-* Jadi semua perkerjaan ku itu adalah hal baru yang harus aku kuasai dan semua ilmu akuntansi ku gak berguna hahaha *untuk sejenak ku bisa melupakan debit dan kredit hahah
Pengalaman PKL SMK di Setda Part 1 Pengalaman PKL SMK di Setda Part 1 Reviewed by Lilis Mardiana on April 29, 2018 Rating: 5

4 comments:

  1. makasih udh ceritain pengalamannya mbak, saya jadi ga grogi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat ya pkl nya, moga dapet yang terbaik dan bermanfaat ^^

      Delete
  2. Thankyou karena udah nyeritain pengalamannya. Aku masih kelas 10, tapi mau tau banget pkl nanti tuh gimana, takutnya aku gak bisa dan gak tau apa apa. Makasih lagi ya kak, baca ini aku jadi nggak begitu takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh ini udah cerita 3 tahun lalu wkwk. Ya pengalaman tiap orang beda² termasuk buat pengalaman kamu nanti. Tapi ya apapun yang terjadi, semangat terus, di niatin pkl buat belajar dan cari pengalaman, insyaallah dapet yang terbaik. Semangat yaaa^^

      Delete

Berkomentar itu memang sulit :" Terima Kasih!

loading...
Powered by Blogger.