Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)/Pingsan

Pingsan/ tidak sadar





Untuk post kali ini mau bahas tentang pingsan. Sesuai yang saya ketahui penanganan orang pingsan ini cenderung umum tapi juga tidak semua orang dapat mengetahui teori  bahkan mengetahui penanganan langsung kepada orang pingsan. Lalu apa itu pingsan??
Pingsan adalah suatu keadaan keadaan yang terjadi karena peredaran darah yang ke organ otak, berkurang, yang dapat terjadi akibat emosi yang hebat, berada dalam ruangan yang penuh orang tanpa udara segar yang cukup, letih dan lapar, terlalu banyak mengeluarkan tenaga.

a. Gejala dan tanda:

1. Perasaan limbung

2. Padangan berkunang-kunang dan telinga berdenging

3. Lemas, keluar keringat dingin

4. Menguap

5. Dapat menjadi tidak ada respon, yang biasanya          berlangsung hanya beberapa menit

6. Denyut nadi lambat


b. Penanganan :

1. Bawa korban ketempat yang aman, nyaman, dan teduh

Jika hal yang menjadi penyebab pingsan karena berada di tempat yang panas maka harus segera dibawa ke tempat yang teduh. Anda harus mencari tempat yang benar-benar nyaman untuk orang yang sedang pingsan. Hal ini bisa membantu agar penderita bisa merasa lebih baik dan kesadaran juga cepat kembali. Berikan ruang tempat yang tidak terlalu banyak orang sehingga orang yang pingsan merasa benar-benar lega. 





2. Baringkan korban dengan tungkai di tinggikan

Pingsan bisa disebabkan karena aliran darah ke bagian otak memang tidak lancar dan menyebabkan penderita tidak mendapatkan oksigen dan darah yang cukup. Untuk mengatasi ini maka bisa menempatkan bantal dibawah kaki sehingga posisi kaki lebih tinggi. Langkah ini akan membantu penderita agar bisa segera sadar.





3. Longgarkan sesuatu pada korban yang dapat menghambat peredaran darah

Orang yang sedang pingsan biasanya tidak bisa bernafas dengan baik dan merasa sesak. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa membuka satu atau dua buah kancing baju. Selain itu longgarkan ikat pinggang agar tidak terlalu kencang dan nafas menjadi lebih baik. Pakaian yang terlalu ketat hanya akan menyebabkan pernafasan menjadi lebih berat sehingga membuat penderita merasa sesak.




4. Beri selimut agar badannya hangat

Dengan diselimutinya korban dapat memberikan rasa hangat dan nyaman pada korban karena biasanya korban merasakan kedinginan. Tunggulah dan biarkan korban untuk beristirahat dengan tetap di awasi




5. Hubungi Dokter

Orang yang pingsan memang menunjukkan gejala yang biasa atau luar biasa. Untuk itu sebaiknya Anda harus menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Terlebih jika orang yang pingsan tersebut memiliki riwayat penyakit yang menyebabkan sering pingsan. Anda bisa membantu menghubungi dokter terdekat untuk memastikan kondisi orang yang pingsan tadi.
Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)/Pingsan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)/Pingsan Reviewed by Lilis Mardiana on March 25, 2017 Rating: 5
loading...
Powered by Blogger.