Sharing about PT Katolec Indonesia

Pekerjaan Ke Empat

Pict from google maps

Awalnya aku nggak ada niat buat bikin cerita tentang PT kedua ku ini wkwk. Tapi berhubung sekarang udah damai dengan pekerjaan ini jadi aku mau sharing tentang PT ini. Aku kemarin libur 3 hari cuman bengong doang, giliran ini hari kerja malah kepikiran terus buat nyelesaiin tulisan ini.

.......

Balik ke topik

Aku kerja disini baru, kalo dihitung sekitar hampir 2 bulan. Setelah dilihat lihat ternyata minim banget informasi bagaimana caranya masuk di PT ini, dan yang spill spill kisi kisinya banyak yang sesat wkwk. Btw, di dunia pencaker kalo kita kerja di sini tuh kayak ada aja yang langsung justice gitu

"Calo ya?"
"Bayar berapa?"
"Saya ngemail kok nggak pernah tembus mba, calonya siapa?"
"Referensiii"


Ya mungkin ada oknum, tapi menurut aku yang kerja disini masih banyakan yang jalur murni termasuk aku. Tapi ya balik lagi buat kepanggil nggak nya tetap tergantung rejeki masing masing.

Terus ngelamar kerjanya gimana?

Ngelamar kerjanya itu lewat email. Bisa buka link lokerkudotnet atau bukajobs, disitu dah ada keterangan lengkapnya syarat dan alamat emailnya. Aku seumur umur ngelamar kerja lewat email dan tembus tuh juga baru kali ini wkwk.

Jadi aku selama 2 bulan berturut turut hampir setiap hari (kecuali hari libur) selalu ngemail. Jadi nggak cuman sekali dua kali ngemail, pasti ketimbun dengan email email yang lain. Dulu sempet su'udzon juga, "aku kok nggak kepanggil panggil T_T, ni yang pada kepanggil referensian semua apa yaaa" wkwkkw. Jadinya makan omongan sediri dah, kena batunya. Harus sabar ya gaes yaaaa.

Pas orientasi, HRD nya juga sharing kalau tiap hari pasti ada ribuan email yang masuk, dia akan milih tentunya secara random, sesuai kualifikasi yang lagi di butuhkan PT. Apalagi ya di PT ini tuh sekali ngrekrut karyawan itu nggak banyak. Dulu aku satu angkatan cuman 20 orang dan 3 orang kena seleksi alam alias mengundurkan diri.

Jadi bisa di bayangin kan ya ribuan pengangguran ngemail ke satu PT dan yang di ambil nggak lebih dari 30 orang. Jadi ya harus semangat buat ngemailnya, jangan bosen bosen buat ngulang ngulang terus. Tapi ya balik lagi ke rejeki. Kadang ada yang sekali langsung tembus. Ada yang nggak sengaja, alias random email ya tembus, ada yang udah mati matian ngirim email sampai jari kriting nggak tembus tembus.


Proses seleksinya gimana?

Panggilan

Biasanya proses panggilannya lewat WA  tapi dulu aku juga pernah di telpon si. Nomer telponya itu nomer telpon yang kalo di cek di get contact tertulis banyak PT (Nok, katolec, kyowa, dll) tapi itu memang nomer telpon bersama mungkin ya. 

Jadi kalo semisal kita kepanggil oleh nomer itu terus nggak keangkat, nah nomer telpon bersama itu nggak bisa di hubungin balik. Kita harus nyari lagi nomer telpon HRD katolec biar bisa konfirmasi. Atau kalau males ribet ya iklasin ngulang ngemail lagi.

Untuk yang keduanya aku dapet panggilan lewat WA. Ya tentunya isinya panggilan kerja. Selama panggilan langsung di PT nya pastinya itu real, selain Tes di PT nya langsung berarti hoax. Biasanya dapet WA hari ini untuk tes besok. Jadi ya harus sat set.


Proses Rekrutmen

Proses rekrutmennya itu ada Psikotes, Interview, Quick Skill dan MCU langsung selesai pada hari itu juga. Jadi yang mungkin lokasinya pada jauh nih ngebantu banget, jadi ya nggak perlu bolak balik pertahap.

Psikotes

Psikotes nya itu cuman 3 jenis soal, seinget ku. (Semua contoh disini aku ngarang ya!! karena ya ini cuman contoh, bukan soalnya!)
Mba punya soalnya nggak? Nggak ada ya gaes, emang aku siapa??? Anak yang punya katolec? Ya kagak, aku sama kek kalian :) 

1. Analogi verbal (10 soal)
Contohnya tuh : Siang : Matahari = Malam : ....

2. Benar atau Salah (aku nggak tau ini nama soalnya apa) (10 soal)
Contoh : Klst78 = kLst78 (ini tuh disamain aja benar atau salah)

3. Matematika dasar (10 soal)
Contoh :
- Ona jalan 10 meter, maju 5 meter, terus mundur 2 meter. Berapa jarak Ona dengan titik awal?
- 1 buah PCB menggunakan 10 capasitor dan 5 IC. Jika memproduksi 20 PCB berarti membutuhkan berapa capasitor dan IC?


Nah, kurang lebihnya kek gitu. Asal bisa ngitung ya pasti bisa sih. Cuman ya gitu waktunya cepet banget jadi ya pinter pinternya kita buat menyelesaikan semua soal. Disini ada sistem gugurnya ya, jadi harus melakukan yang terbaik

Kalau lolos psikotes lanjut Interview


Interview

Pas aku yang menginterview HRD, cuman satu orang. Apa yang di tanyain? Lebih ke pengalaman kerja dan alamat domisili kita. Pengalaman kerja sebelumya yang berhubungan dengan elektronik keknya lumayan cukup ngaruh. Terus di tanya absensi selama bekerja di PT sebelumnya. Lalu alamat domisili kita, jika sekiranya jauh dari PT ya harus pindah, soalnya kalo di PT Katolec sebisa mungkin harus naik jemputan.

Quick skill
Memasukan besi sesuai tempatnya. Waktunya sebisa mungkin kurang dari 30 detik. Kalo lebih disuruh mengulang.
Kurang lebihnya yang kek gitu


MCU
BB, Tensi, sama Tes mata (minus atau nggak). Aku lupa ada tes buta warnanya atau nggak.

Minus boleh nggak ya mba? Maksimal minusnya berapa?
BB minimum, maksimalnya berapa?
Tinggi minimal berapa?
Tensi tinggi ngaruh nggak ya??

Aku nggak tau, nggak nanya dan nggak nyari info :)) coba sendiri biar tau hasilnya gimana :)

Habis itu, ada sistem gugur lagi dan ini seleksi terakhir. Jadi yang lolos besoknya langsung lanjut training, ttk, kerja :)

Disclaimer :
"Kisi kisi" yang aku sharing ini berdasarkan pengalaman aku tes bulan Maret 2022, jadi sewaktu waktu bisa berubah ya, dan pastinya udah nggak bakal di update lagi :))

....

Kesan awal aku selama bekerja disini

Tentunya sempat bandingin sih PT sekarang dengan PT sebelumnya wkwk. Manusiawi lah ya. Tapi ya harus bersyukur, emang aku siapa sih mau pilih pilih PT wkwk, skill kagak mumpuni, yaudah terima yang memang mau nerima aku :))

Di PT ini tuh cuman ada 2 bagian. Nah kebetulan aku dapet bagian yang basic nya sama dengan kerjaanku sebelumnya. Jadi, ya kalo kerjanya sih insyaa allah bisa, cuman ya itu menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang susah, menurut akuu :)

Walau basic nya hampir sama tetap banyak yang berbeda. Aslinya sih aku dah eneg banget sama komponen :v mana ini pindah pindahnya tuh lebih sering daripada PT yang dulu, tuntutannya harus lebih aktif dan multitasking dan aku paling nggak suka kek gitu :( aku tim kerja monoton sih aslinya, nggak papa kerjanya disitu mulu nggak pindah pindah. Susah buat beradaptasi soalnya.

Tapi ya balik lagi, namanya kita yang butuh kan ya, kita yang harus menyesuaikan diri. Makanya pas awal blog tadi aku sempet bilang kalo aku sekarang sudah mulai bisa berdamai nih sama pekerjaan ini wkwk. Sebelum sebelumnya tuh dan mungkin sampai sekarang (?) Wkwk kek tiap hari ngomong sama diri sendiri,
"duh keknya nggak kuat deh."
"6 bulan aja dah"
"Capek bangett"
"Pengen kabuurrr"
wkwkkw XD

Tapi sekalinya nggak ada kerjaan, pusing jugaaa
"Ini aku harus ngapain T_T"
"Mending kamu bawa majun, pura pura ngelap daripada berdiri doang" T_T

Aku sebulan ngeliatin orang kerja doang. Sama kek di PT sebelumnya, padahal yang lain mah sat set, baru masuk 2 minggu dah dapet line. Tapi ya dinikmati aja, sebelum gober :"

Tapi ya namanya pas awal pasti berat gaes, dan makin lama pastinya makin berat :)) hahhah harus pinter pinternya kita menyesuaikan diri dan bertahan :) Emang ada ya kerjaan yang nggak capekkk??? Jadi semangat aja gaes demi cuan :) 

Untuk bagianku itu sistemnya abnormal wkwk (aku nyebutnya kek gitu wkwkwk) jadi kalo kerja disini mungkin (?) nggak bisa sambil kuliah, soalnya liburnya tuh harinya nggak pasti di hari sabtu atau minggu. Tapi ya tetap ada bagian lain yang normal seperti pada umumnya, sabtu minggu libur.

Yang kerja disini, khususnya bagianku itu kebanyakan ex PT PT elektronik. Jadi suka pada reuni an alias ketemu lagi sama senior seniornya yang dulu. Di tambah karena basic electro kebanyakan ya nggak pada buta buta banget lah ya tentang komponen, kita yang nggak ngerti elektro auto insecure wkwk, takut nggak bisa ngerjar. Tapi, pastinya yang mungkin nggak punya basic elektronik tapi pengen nyoba dan lolos ya tetap ada tempatnya kok, cuman ya agak belajar lebih daripada yang lain yang sudah pada paham :"

Ada jemputannya? Ada makan?
Ada jemputannya, titik jemputnya dimana aja? Aku nggak tau semuanya. Yang ku tau ya ksb, cifest, sukaresmi, tamsos, gemalapik, medirosa gombong, cibitung aster.

Oot, di katolec kantinya banyak kucing wkwk. Jadi yang mungkin takut sama kucing, keknya bakal mikir mikir buat makan di kantin wkwk

Lemburannya?
Tergantung bagian, dan rejeki :) ada yang lemburrr terus, ada yang lemburannya bisa kehitung jari :)

Kontraknya berapa lama?
Kontrak awal 6 bulan. Kontrak kedua tergantung dari absensi, ada yang 6 bulan ada yang 8 bulan, ada yang nggak di perpanjang juga pastinya :). Terus ada recall juga 1 tahun buat yang nggak ada absen dan pastinya tenaga kerjanya di butuhkan PT lagi :)

Peluang kartap?
Nggak tau, nggak ada keknya.

Oke, Itu doang sih yang bisa aku jelasin, aku sendiri masih baru dan mungkin apa yang aku jelasin di atas banyak yang keliru dan pastinya sewaktu waktu bisa berubah. Disini aku cuman sharing doang berdasarkan pengalaman aku yaaa dan pengetahuan aku yang dangkal pastinya wkwk. Aku tulis ini ya barang kali ada yang butuh. Dan pastinya ini juga cuman buat catatan pribadi akuuu :)

Semangatt :))
Sharing about PT Katolec Indonesia Sharing about PT Katolec Indonesia Reviewed by Lilis Mardiana on May 20, 2022 Rating: 5

No comments:

Berkomentar itu memang sulit :" Terima Kasih!

loading...
Powered by Blogger.