Pejuang Baju Hitam Putih (Job Seeker)

Pejuang Baju Hitam Putih (Job Seeker)

Dan saya pun mengalami masa yang menyedihkan ini \('-')/

Menjadi Job Seeker itu tuh gampang gampang susah ya. Kalo kamu bisa pinter cari peluang, punya koneksi yang bagus, fisik yang sesuai kriteria, dan kualitas lain yang memadahi seperti pendidikan dan pengalaman kerja, dah pasti deh gampang tuh cari kerja

Tapi ya sayangnya nggak semua orang bisa seberuntung itu. Ada yang kualifikasinya bagus tapi nggak punya koneksi jadi dianya kerja seadanya dan sedapatnya. Ada yang punya koneksi tapi kualifikasinya kurang ujung ujungnya sama aja susah dapat kerja dan kerja seadanya.

Dan menurut pengalamanku, kerja itu ya sama aja susah susah gampang :(
Sebenernya sih kalo aku mau kerja di daerah ku mungkin agak mudah ya cari kerja, tapi aku cari kerjanya di kota orang jadinya susahnya minta ampun.

Kenapa aku nggak cari kerja di daerahku?


1. UMR nya masih kecil :(
UMR sekitar 1,6jt dan aku tuh tipe orang yang bisa nabung setengah dari gaji. Jadi kalo gaji ku segitu otomatis tabunganku juga cuma separuhnya, nggak bakalan terkumpul terkumpul, belum lagi ngasih ke ortu :( kurang puas aja sih dengan gaji segitu.

2. Masih hidup di Rumah Ortu
Aku tuh pengen mencoba hidup sendiri gitu, nggak melulu nggantung hidup sama orang tua. Aku pengen nyoba bagaimana hidup sendiri di dunia kejam ini :(

3. Tergiur sama kerja di luar kota
Nah ini yang bikin greget, karna kurang bersyukur kali ya makanya liat kota lain dengan UMR gedean dikit langsung kepincut pengen kerja di kota itu, padahal realitanya, cari kerjaan mah susah.

4. Punya koneksi buat kerja di kota lain
Kan aku pikir aku tuh punya koneksi dan aku seperti punya kesempatan untuk kerja di kota lain ini dengan UMR yang lebih besar. Makanya kepincut deh, dan kekeh pengen kerja di kota orang.


Ekspetasi Kerja di Kota Orang


Nih kenapa dulu aku kekeh waktu sekolah nggak ikut Lowongan kerja dari BKK sekolah dan milih jadi job seeker di kota orang.

Karena.......
Kukira Bakal gampang dapat kerja

Karena aku dapat koneksi aku kira bakal gampang gitu cari kerja, dan tanpa ku sadari kualifikasi ku ternyata kurang :( jadi susah deh cari kerja.

Mulai dari tinggi yang dibutuhkan di PT tuh minimal 155 cm, dan tinggi ku cuma 152 cm. Langsung gagal sudah tuh kalo lewat yayasan.
Terus biasanya kerja di pabrik kebanyakan yang bagian operasional produksi tuh dari SMK jurusan teknik, nah aku dari akuntansi :( kan nggak nyambung.
Belom lagi persaingan yang ketat. Jaman sekarang mah kebanyakan PT tuh sistem kontrak. Jadi yang pernah jadi karyawan terus kontraknya habis harus ngelamar kerja lagi dan bersaing dengan orang lulusan baru. Makanya saingan sangat ketat.

Terus kenapa aku masih kekeh pengen kerja di PT padahal kualifikasiku nggak sesuai?

Ya niat awalnya tuh karena pengen bisa dapat lemburan. Soalnya kalo kerja biasa cuma 8 jam gitu rasanya sia sia gitu, masih banyak waktu luang yang kebuang. Dan dulu waktu kerja di resto dapat kerja sampai 12 jam tapi gajinya masih standar UMR nggak bisa lebih. Kan beda kalo di pabrik, diluar jam kerja umum di hitung lembur dan di gaji lebih. Belum lagi ada premi premi lain. Kan lebih menggiurkan.

Kenapa nggak milih kerja yang sesuai realita aja? (Realita orang kurang tinggi, cuma anak SMK jurusan Akuntansi)

Karena.... masih tergiur dengan kerja di pabrik :(

Terus juga kalo kerja di koperasi, minimarket, apotik, atau lainnya itu kan kerjanya nggak bisa lembur, jadi aku kurang suka. Dan kalaupun kepepet aku bener bener nggak bisa kerja di pabrik mungkin aku akan mencoba cari kerja di bidang yang sesuai kualifikasiku itu :(

Kenapa nggak wirausaha aja?
Siapa sih yang nggak pengen jadi wirausahawan, jadi bos di usahanya sendiri. Tapi kebanyakan orang tuh bakal mikir jadi wirausahawan itu lebih susah daripada jadi bawahan orang lain. Begitu pula di dalam pikiranku. Aku sudah minder sendiri nggak bakal bisa berwirausaha. Padahal tuh kalo mau memulai tuh banyak peluang loh, bahan jualan kalo mau mencari ide ya banyak. Tapi udah nggak percaya diri sih makanya nggak berani memulai, padahal realitanya tuh mempertahankan lebih sulit daripada memulai. Tapi aku memulai aja udah nggak berani. Mungkin kalo ada yang mau ngajak wirausaha aku baru berani.


Dan dari tanggal 26 Agustus hingga sekarang 11 Oktober aku masih menjadi job seeker :( padahal tuh aku berharapnya bakal cuma menganggur untuk satu bulan, ternyata realitanya tuh sampai dua bulan. Kan sad banget realita sama ekspektasi tuh nggak sejalan banget.

Udah ngelamar sana ngelamar sini, cari lowongan sana sini tapi hasilnya masih nihil :)

Separuh raga ku tuh udah agak menyerah sih hahaha soalnya dalam sejarah hidupku tuh jarang jarang bakal gagal contohnya kalo mau daftar sekolah gitu, nggak pernah aku nggak keterima. Apa yang aku mau bisa aku capai.
Dan sekarang...... semoga apa yang aku mau masih proses delivery :)
Semoga cepat sampai dan tercapai.
Lagi lagi kalo di tempat terendah kaya gini kita hanya bisa pasrah kepada Allah, semoga apa yang kita harapkan di ridhoi oleh Nya :)
Amin.....
Pejuang Baju Hitam Putih (Job Seeker) Pejuang Baju Hitam Putih (Job Seeker) Reviewed by Lilis Mardiana on October 11, 2019 Rating: 5

No comments:

Berkomentar itu memang sulit :" Terima Kasih!

loading...
Powered by Blogger.