First Impression Alodokter dan Halodoc

 First Impression Alodokter dan Halodoc


Jadi kemarin aku nyoba aplikasi dokter di play store. Nyoba 2 aplikasi yaitu Alodokter dan Halodoc. Aku pakai dua aplikasi ini tuh nggak ada 2 jam sih, tapi karena ini pertama kali aku nyoba aplikasi dokter kayak gini jadi greget aja gitu pengen buat reviewnya di blog.

Jadi review review yang aku tulis nanti adalah murni pendapat, kesan pertama aku nyoba aplikasi ini. Langsung aja sih ya, yang pertama aku coba adalah aplikasi Alodokter.

"Sebelumnya : aku ada masalah sama kuku aku yang nggak tumbuh. Kayaknya sih karena dulu sering ke injek. Terus berharapnya bisa sembuh sendiri. Eh malah sampai sekarang belum sembuh juga. Karena aku gabut dan males juga buat ke klinik makanya aku nyoba pake aplikasi aja.


ALODOKTER


Sebelum mendownload biasa aku selalu baca reviewnya dulu, dan sayangnya walaupun banyak yang ngasih rating bagus tapi ya ada aja yang ngasih review jelek.


Di sini review jeleknya kebanyakan data yang bocor kalo nggak ya masalah biaya Rp. 39.000 yang di potong tiap bulan. Makanya buat antisipasi aja pas nyoba aplikasi ini aku jadi mikir buat tidak terlalu membeberkan data pribadi.


Tapi setelah di download dan digunakan aplikasinya, overall bagus sih.

Ada satu fitur chat gratis khusus dokter umum. Jadi selama pemakaian aplikasi ini aku nggak ngeluarin biaya sama sekali karena aku nyoba yang chat gratis aja XD.


Tapi kalau ingin dokter lain yang lebih spesialis ya pasti ada harganya. Nggak salah juga buat di coba, dan untuk harga rata rata emang segitu sih.

Untuk sistem sebelum waktu konsultasi. Kita harus ngisi form (?) Ini dulu. Jadi kita isi nih keluhan kita apa. Nah habis itu tunggu konfirmasi dan nunggu di chat sama dokternya.


Secara garis besar (mungkin tiap dokter beda ya) sesi konsultasi nya tuh ya agak kaku dan kita di kasih pertanyaan yang cukup detail. Menurutku ya kurang lebih kayak kita konsul ke dokter yang belum pernah kita datangin, jadi selama percakapan tuh bikin deg deg an ini bakal di tanya apa lagi.


Nah, untuk waktu tunggu balas chatnya termasuk singkat, jadi ya nggak pakai nunggu lama pasti ya di balas. Bahkan karena sangat mendetail, sebelum di kasih resep pun di kasih beberapa pertanyaan dulu tentang identitas diri.

Karena dari awal aku nggak mau membeberkan identitas makanya aku makain nama Alisa Mega Putri :v. Dan data diri ini di gunakan untuk pencantuman identitas di resep. Dan tampilan resepnya seperti ini.

Dan setelah sesi konsul selesai, si dokter yang meminta ijin buat menutup sesi chat nya.

Saat Pembelian Obat

Di Alodokter ini tentu ada toko obatnya. Yang menurutku harganya ya nggak jauh beda sama yang di apotek. Tapi masalahnya sistem pengirimannya hanya ada sebagai berikut.


Ujung ujungnya ya saya gak jadi beli obat di Alodoktor. Untuk pembayaran juga kurang tau di bayar pakai apa, karena aku belum melakukan transaksi apapun di alodokter. Dan saat mencari review atau tutorial di yotube juga tidak ketemu. Jadi ya masih takut buat bertransaksi di alodokter. 

Sementara itu, untuk kriteria obat keras tidak dapat di beli secara bebas. Jadi jika ingin membeli obat harus dengan resep dokter.


Tapi kalau secara keseluruhan tetap bagus kok aplikasinya mungkin ya harus berhati hati aja biar nggak salah langkah kaya orang yang merasa di rugikan di review aplikasi. Di tambah dengan ada fitur chat dokter gratisnya ya alhamdulillah banget bisa buat nanya nanya tanpa keluar biaya. Tampilan aplikasi juga nggak ribet.


Halodoc


Sebelum di download baca review dan ratingnya bagus. Ya langsung gas download.

Aplikasi halodoc ini lebih komplek tampilan dan fiturnya. Tapi ya semuanya berbayar gak ada yang gratis buat fitur chat dokternya. Dan kali ini aku melakukan transaksi dengan gopay.



Disini setiap dokter ada kayak masa kerjanya gitu, dan ada juga rating persen buat masing masing dokter. Dan aku tentu nyoba yang masa kerjanya lama dengan rating 100%


Selama sesi konsul nunggu chatnya juga nggak terlalu lama, dan lama respon chat paling lama sekitar 5 menit. Beda dengan alodokter tadi, disini aku lebih banyak nanya daripada dokternya yang nanya tapi ya mungkin tiap dokter juga beda ya.


Tampilan resep untuk halodoc


Saat pembelian obat

Karena di halodoc ini di dukung sama gojek jadi ya akhirnya aku beli obatnya di aplikasi halodoc. Ya itu jika untuk harga obatnya sendiri menurutku lebih mahal dan tiap barang tuh harganya berkisar gitu. Jadi sebelum di masukkan ke keranjang ya gak bakal tau harganya berapa. Dan saat liat liat obat juga padahal 3 obat ini sama tapi harganya beda beda itu juga bikin bingung.


Dan disini sepertinya bebas mau beli obat apa saja tanpa perlu resep dokter. Jadi kalau butuh obat apa ya tinggal masukin ke keranjang. Sekiranya untuk biaya obat dan pengiriman cukup mahal tapi ya kita cuma nunggu dirumah, 30 menit kemudian obat sudah di tangan.


Secara keseluruhan yang pasti ya bagus juga. Apalagi bisa pakai gopay pasti ya lebih friendly. 

Jadi kedua aplikasi ini ada plus minusnya ya, dan keduanya juga cocok banget seumpama kita lagi sakit nggak bisa kemana mana, tinggal konsultasi via chat, pilih obat berdasarkan resep, dan obat sudah sampai di rumah.

Tapi buat trik lain, kita bisa memanfaatkan tuh fitur gratis chat di alodokter untuk konsultasi dan setelah dapat resep bisa membeli obat sendiri ke apotik mungkin lebih hemat sih.

Oke sekian review ku tentang aplikasi alodokter dan halodoc ini. Sekarang bener bener semua ada gengaman sih kalo emang ada duit hahah. Sayang banget kalau cuma coba coba nggak di review di blog. Untuk kurang lebihnya terimakasih :)



First Impression Alodokter dan Halodoc First Impression Alodokter dan Halodoc Reviewed by Lilis Mardiana on April 18, 2021 Rating: 5

2 comments:

  1. Makasih banget, kak. Review kakak membantu. ini yang mau saya lakukan (karena saya penuh keraguan pada dua aplikasi kesehatan tersebut), tapi ternyata sudah ada kakak yg lakuin. jadi ini membantu banget. Kalau boleh bertanya, apakah Kakak tidak ada kecurigaan bila dokternya abal-abal? (mungkin CS, atau orang biasa/non-dokter yg 'sedikit tahu' tentang penyakit dan obat, lalu terdaftar/tertulis sbg 'dokter' di aplikasi tersebut) bagaimana kita tahu bahwa kedua aplikasi ini (dan org2 yg terlibat di dalamnya) bisa kita percayai masalah kesehatan kita? thanks in advance!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kurang tau yang kita chat dokter asli apa nggak, tapi berhubung 2 apk itu merekomendasikan obat yang sama yaudah aku nggak ragu buat beli, dan kebetulan emang bagus juga sih. Aku nya aja yang kurang telaten jadi belum sembuh wkwk. Tapi untuk obat keras dan penyakit dalam sebaiknya ya ke dokter langsung aja. Kalo penyakit ringan ya nggak ada salahnya buat nyoba aja. Jangan lupa buat memastikan obatnya beneran fungsinya sesuai apa nggak. Cmiiw

      Delete

Berkomentar itu memang sulit :" Terima Kasih!

loading...
Powered by Blogger.