Pengertian, fungsi, dan penggolongan akun


Akun (Rekening/perkiraan)
Pengertian Rekening/Perkiraan/akun
Akun adalah suatu media akuntansi tempat untuk mencatat transaksi keuangan yang mengakibatkan perubahan pada aktiva, utang, modal, pendaptan, dan beban.

Fungsi Akun
  1. Menunjukan tempat pencatatan unsur aktiva/harta, kewajiban/utang, akuitas/modal, pendapatan, beban, dan prive
  2. menunjukan pertambahan / berkurangnya unsur unsur harta, utang, modal pendapatan, beban, dan prive
  3. sebgai sumber informasi mengenai posisi harta, utang, modal, dan perubahannya sebagai dasr penyusunan laporan keuangan.
Penggolongan Akun
  1.  Akun Riil (Real Account) adalah akun yang disajikan kedalam neraca antara lain harta/aktiva, utang , dan modal. Akun riil disebut akun terbuka (akun permanen) karena akun riil biasanya mempunyai saldo yang akan dibuka kembali untuktahun berikutnya. 
  2. Akun Nominal ( Nominal Account) adalah akun yang disajikan kedalam laporan laba rugi antara lain pendapatan/penjualan (reveneus) dan beban (expense).Akun nominal tidak memiliki saldo karena sudah dipindahka ke modal ( ikhtisar laba rugi ). Akun nominal disebut dengan akun tertutup (Closed Account) maka dari itu akun ini disebut juga akun sementara.
  3. Akun Campuran (Mixer Account) adalah akun yang selalu menambah akun yang lain. Misalnya beban angkut pembelian dan agio, akun ini disebut dengan akun penambah. Disisi lain ada akun yang selalu mengurangi akun lain, misalnya akun akumulasi penyusutan gedung,akumulasi penyusutan peralatan, cadangan kerugian piutang, return, potongan pembelian, dan potongan penjualan. Akun ini biasa disebut dengan akun kontra / akun 
  4.  
Ingin tahu yang lainnya klik link di bawah ini !!!!

Debet & Kredit
Jurnal Penyesuaian
Jurnal Umum
Buku Besar
     
Pengertian, fungsi, dan penggolongan akun Pengertian, fungsi, dan penggolongan akun Reviewed by Lilis Mardiana on March 11, 2017 Rating: 5

2 comments:

Berkomentar itu memang sulit :" Terima Kasih!

loading...
Powered by Blogger.