Contoh Kritik Seni Rupa

Kritik Pameran Seni Rupa

Judul Pameran  : Jati Pohon Indah Gardu Pandang Grobogan

Seniman            : Kelas X AK 3
Jenis                  : Sekolah, Kelompok, Heterogen

Tahun Pameran : 2017


Deskripsi Pameran

Pameran yang di buat oleh kelas X AK 3 ini memiliki tema Jati Pohon Indah yang merupakan suatu tempat yang sedang hits di grobogan dengan tugu cinta/lovenya. Judul dari pameran ini adalah jati Pohon Indah Gardu Pandang grobogan yang memiliki arti bahwa Jati Pohon Indah (JPI) merupakan tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam grobogan.
Pada pameran tersebut terdapat beberapa karya yang di buat.  Pada bagian Sketsel terdapat ilustrasi, ukir sandal, grafis, lukisan, gambar, dan instalasi yang menempel pada sketsel. Dan di atas pedistal terdapat patung dan kramik.



Kritikan

Pastilah dalam penyelenggaraan pameran membutuhkan kesiapan penuh sebelum terlaksananya pameran tersebut. Namun, pada pameran kelas X AK 3 ini terlihat masih belum siap karena masih terdapat satu karya yaitu ukir sandal yang terjatuh. Dan pemilihan bahan juga masih belum tepat karena pada sketselnya terdapat satu bagian bambu yang bengkong tentunya itu membuat sketselnya tampak buruk.
Selain kesiapan dan pemilihan bahan yang kurang tepat, terdapat pula instalasi yang di tempel di sketsel. Karena biasanya sebuah Instalasi di letakkan pada meja khusus atau pedistal.



Evaluasi

            Kurangnya persiapan dapat memicu kegagalan dalam pameran. Dalam pameran itu saya merasa kelas X AK 3 ini banyak terdapat evaluasi yang harus di perhatikan untuk menyiapkan pameran selanjutnya. Seperti kesiapan dalam menjaga keamanan karya yaitu dengan mengecheck terlebih dahulu apakah karya telah terpasang dengan aman, lalu memiliki perencanaan yang matang karena seharusnya pembuatan sketselnya harus di pilihkan bahan yang baik dan juga seharusnya pada pameran ini di buatkan tiga pedistal atau tambahan meja khusus untuk menaruh instalasi yeng tentunya tidak akan menimbulkan resiko, karena jika di tempel di sketsel tentulah itu bukan hal yang lazim dan juga bisa saja instalasi itu terjatuh. 


ket.
pada bagian jenis 
Sekolah     : pameran dalam lingkup sekolah
Kelompok : karya pameran di buat oleh lebih dari satu seniman
Heterogen : Karya yang di tampilkan di pameran lebih dari satu jenis 
Contoh Kritik Seni Rupa Contoh Kritik Seni Rupa Reviewed by Lilis Mardiana on March 30, 2017 Rating: 5
loading...
Powered by Blogger.