Second Job Jadi Kasir

Second Job Jadi Kasir
Curcol Pengalaman

Pic hanya pemanis :)
Jadi kali ini aku mau cerita tentang pengalaman kerjaku jadi kasir di toko elektronik.
Ini tuh bukan pengalaman yang menyenangkan sih makanya aku agak males buat nulis ini di blog 🤣. Aku kerja di sana tuh cuma 5 hari, seminggu aja nggak ada. Udah tau dong ya kalo kerjaannya berarti nggak enak :" *nggak enak bagi yang masih baru, namanya juga orang baru banyak yang nggak tau dan banyak salah.

Aku takutnya ni post bakal menyinggung jadi aku nggak kasih tau tokonya namanya apa :v. Sebenernya sih ni pekerjaan juga nggak seburuk itu. Lebih baik lah ya daripada nganggur. Tapi karena emang akunya yang manja (?) Makanya kagak betah.

Aku pisah deh antara keuntungan dan kekurangan kerja sebagai kasir sesuai pengalaman singkatku :) biar makin jelas aja. Dan ngasih alasan kenapa aku bisa sesingkat itu kerjannya :)

Keuntungan :
1. Kerjaan ini lebih baik daripada ngangur


dalam pikiran tuh lah masa bodo, mau kerja apa aja fix bakal di lakuin yang penting punya kerja dapat uang. Tapi realitanya, waktu nglamar di sana tuh tanya ada loker nggak, ternyata ada. Terus ketemu sama bos nya dimintai surat lamaran dijelasin masalah kerjaan, jam kerja, gaji, terus suruh berangkat kerja minggu depan. Sampai sini udah seneng dong sementara aku nglamar sana sini nggak dapat respon lah ini nglamar langsung bisa kerja :) tapi disisi lain juga bimbang mau lanjut nggak soalnya kurang sesuai sih sama harapan. Tapi tetep di lanjutin dong efek karena yang penting dapat kerja.

2. Posisi yang di tawarkan itu sesuai jurusanku :).
Dan yap ini yang bikin seneng lagi soalnya akhirnya bisa nemu kerjaan yang sesuai jurusanku akuntansi. Bukannya gimana ya tapi orang mah kalo bikin cv tuh di usahain jurusan sama pengalamanan kerja tuh sejurusan, jadi nggak salah jalur. Jadikan lumayan jurusan akuntansi punya pengalaman kasir 1 tahun :)

3. Tempat kerjanya dekat dari rumah
iya palingan cuma 2km entah kurang malah. Pokoknya dari sini ke sana cuma 10 menit. Jadi ya enak lah ya kalo pulang cepet nggak perlu kerja jauh dari rumah.

Udah sih keutungan utamanya itu aja 🤣... dan kelemahannyaaaaa.....

1. Gajinya kecil kalo buat orang perantauan.
Gajinya tuh ya stengah dari UMR. UMR bekasi tuh bisa 3,4jt kalo nggak salah nah di toko itu gajinya 60rb perbulan jadi satu bulan sekitar 1,5jt dengan 4 hari libur dalam sebulan. Inilah yang bikin aku bimbang mau lanjut atau nggak, soalnya tujuanku merantau tuh ke PT yg gajinya lumayan tapi realitanya cuma dapat gaji segini :" ini belum kepotong sama ngekos, ojek, sama makan :) #bukannya mata duitan tapi kita kerja ya emang pengen dapat uang, pengen punya tabungan, mumpung masih muda cari kerja yang menghasilkan bukan cuma yang memenuhi kebutuhan :"

2. Jam Kerja
Sebenernya sih jam kerjannya nggak masalah sih mulai jam 7.15 am
- 8.30 pm. Yang jadi masalah tuh, mulai kerja jam segitu tapi aku nyampai toko tuh jam stengah 7 :" bisa ngebayang nggak sih setiap hari harus nunggu di emper toko sambil berdiri selama kurang lebih 45 menit bahkan kadang 1 jam :" jika jam stengah 8 baru buka :). Terus belom lagi tuh kerja kan totalnya sekitar 13 jam man, hello waktu ku habis buat jaga toko :" pulang rumah tidur, besoknya jaga toko lagi :". Iya jam kerjanya lama soalnya kerjaannya tuh tergantung pembeli jadi kalo sepi ya banyak istirahatnya kalo rame ya berdiri terus, aku nggak suka kayak gitu :" pengalaman waktu kerja di Villa Steak juga gitu :". Aku lebih baik kerja 8 jam full time istirahat 30 menit daripada kerja 13 jam istirahat kerja istirahat kerja :" mending istirahatnya bisa rebahan, lah ini juga cuma duduk main hp :"

3. Kerjaannya nggak sesuai :"

Iya kerjanya emang jadi kasir tapi kasirnya tugasnya bercabang :".
Tugas utama kasir
Memcatat barang dari suplier, mencatat pembayaran utang, menyelesaikan transaksi pembayaran, mencatat retur dan kerusakan barang, harus tau type barang sesuai komputer

Tugas bercabang kasir
Ikut angkat angkat barang, menata barang, bersih bersih toko, melakukan penjualan (harus hafal kode barang modal sama harga), terima komplain :)

Ini salah satu alasan aku keluar, aku udah nyerah dulu padahal belom mencoba wkwk lah padahal baru bayangin aja udah tekanan batin sih, aku tuh orangnya emang gampang iri jadi aku takutnya ntar bakal iri sama karyawan lain, gimana nggak iri ya, kita sebagai kasir tuh di tuntut buat bisa kerjaan utama kasir dan kerjaan bercabang, sedangkan karyawan lain cuma kerja kerjaan bercabang :". Kerjaan kasir ya cuma untuk kasir, nggak bisa di ambil alih oleh karyawan lain. Dan dengan pekerjaan yang cukup banyak itu, gajinya paling kecil, efek karena masih baru di anggapnya masih belom bisa apa apa. Setahun kerja baru naik gaji :" dari sini udah nggak adil sih :"

4. Nggak Bisa Solat,
Ini sebenernya tergantung orangnya XD, emang sih di toko nggak ada air, nggak ada tempat solat, nggak ada mukena sajadah, nggak tau arah kiblat dimana, pokoknya serba nggak mendukung buat solat. Tapi kalo ijin sama bos nya mungkin boleh ya, soalnya walaupun bos nya cina seharusnya kan tetep ngasih waktu buat karyawannya buat beribadah apalagi semua karyawannya muslim. Tapi karena nggak ada inisiatif dari karyawan yaudah budaya nggak solat udah mengakar.

5. Bahasanya Nggak ngerti :) 
Makanya lingkungan kerja jadi kurang nyaman :) *ini padahal masih di indonesia pake bahasa sunda gimana mau pergi ke jepang 🤣
Oke fix ini mah salahku, tapi ya itu udah nggak suka dulu sama kerjaannya jadi aku nggak mau usaha lebih buat akrab sama lingkungannya :), saat pada kumpul gitu ngomongnya pake bahasa sunda dan pembeli juga pada ngomong pake bahasa sunda. Aku doang yang nggak ngerti :( emang sih aku karakternya emang pendiam tapi kalo di diemin terus ya nggak nyaman juga, nggak bisa bercanda nggak bisa akrab merasa orang asing :)

6. Belum jodoh kalo di suruh Jualan
Ini nih sebenernya tantangan baru buatku. Basic ku yang orang irit ngomong suruh jualan? Suruh jelasin barang A B C, suruh ngerayu pembeli, ya taulah ya kayak SPG itu gimana. Tantangan lagi bahasanya pembeli bahasa sunda dong :) walaupun bisa juga di ajak bahasa indonesia tapi tetep pembeli adalah raja jadi terserah dia dong pake bahasa apa :)

7. Jadi kasir nggak semudah teori :) 
Jadi kasir tuh walaupun udah di usahain kalo uang masuk itu udah sesuai tetep aja ada selisih :( aku nggak tau kenapa bisa selisih gitu, padahal aku ngasih kembalian juga udah pas, aku juga nggak nyuri uangnya tetep aja selisih. Yang masalahnya ini tuh duitnya orang entahlah kalo duit sendiri bisa di iklasin la ini duit orang cina yang notabennya "pelit" :". Ini aja jadi kasir udah ribet mau suruh ngelakuin kerjaan bercabang juga? Hah! Emang keluar lah jawabannya :)

Tapi setidaknya jadi kasir ini nggak disuruh bikin laporan keuangan atau kerjaan akuntansi lainnya atau bahkan di suruh memprogram aplikasi keuangan sendiri :) udah pasti gagal sudah, padahal udah sekolah 3 tahun tentang akuntansi belum bisa apa apa tentang akuntansi.

Saran aku :
Makanya bagi yang SMK ngambil jurusan akuntansi mah lebih baik lanjut aja buat kuliah kalo pengen kerja di bidang keuangan, karena menurutku pelajaran akuntansi di SMK tuh masih belum menunjang buat kerja :) tapi ya tergantung orangnya, sekolah dan nasib juga sih 😅 tapi ya tetep kebanyakan kerja di bidang keuangan lebih mengutamakan yang pendidikan min D3 atau S1, namanya juga hal berbau uang,, sensitif

Kenapa aku kalo bahas kekurangan itu selalu banyak??? Ya gitulah 😅🤣🤣
Selain karena masalah kekurangan itu lagi lagi masalah utamanya karena aku nggak mau numpang lama sama orang. Iya walaupun sama kakak sendiri tapi tetep nggak nyaman dong, tidur numpang, makan minta, kerja di anterin :) masa iya mau gitu terus jadi benalu, nggak bisa bantu bantu lagi, pulang malam berangkat pagi itu udah capek :). Mau ngekos, ngojek, cari makan sendiri gaji mana cukup :). Dan dari kerjaan pun di tuntutnya buat kerja lama, setahun lah. Ya nggak mau lah akunya :) taulah kenapa gitu, cari kasir dengan tugas seambrek gaji kecil mana ada yang betah :) orang juga bakal lebih milih kerja di PT kalo memungkin kan :)
-
-
-

Dari sini aku banyak aku punya banyak pelajaran hidup sih dari kisah nganggurku selama di cikarang ini, next pos bakal aku tulis. Ini post udah panjang banget aku stop sampai sini 🤣
See youuuu....
Second Job Jadi Kasir Second Job Jadi Kasir Reviewed by Lilis Mardiana on November 20, 2019 Rating: 5

No comments:

Berkomentar itu memang sulit :" Terima Kasih!

loading...
Powered by Blogger.